Rapat Pleno KPU Balangan, 01 Dipastikan Pemenang Pilbup

Rapat Pleno KPU Balangan, 01 Dipastikan Pemenang Pilbup

PARINGIN, MK - Hasil Rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada di Kabupaten Balangan Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Balangan nomor urut 01 H. Abdul Hadi - H Supiani dipastikan menjadi pemenang Pilkada Balangan.

Abdul Hadi yang sebelumnya merupakan Wakil DPRD Balangan, berhasil mengalahkan Bupati Balangan petahana H Ansharuddin yang berpasangan dengan M Noor Iswan, pasangan nomor urut 02.

Dalam rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilkada Balangan 2020 di aula KPU Balangan, paslon nomor urut 01 mendapatkan 47.095 suara. Sedangkan paslon nomor urut 02 mendapatkan 29.343 suara.

Ketua KPU Balangan Saripani mengungkapkan, sesuai keputusan KPU Kabupaten Balangan Nomor 479/PL.02.6-Kpt/6311/KPU-Kab/XII/2020. Tentang penetapan Rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilih Bupati dan Wakil Bupati Balangan tahun 2020.

"Menetapkan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan Tahun 2020, Paslon H Abdul Hadi dan H Supiani dengan perolehan 47.095 suara," tuturnya.

Selain itu, tambah Saripani, dari rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan ditetapkan pada hari Selasa, tanggal 15 Desember 2020 pukul 21.47 Wita.

Sedangkan Ketua Bawaslu Balangan, Rosmelyanoor beserta anggotanya yang menghadiri rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten. 

Pemilihan serentak tahun 2020 juga menyampaikan, Kegiatan yang berlangsung di aula KPU Balangan ini dimulai pada pukul 14.00 Wita, yang langsung dipimpin oleh Ketua KPU Balangan, Saripani.

"Rekapitulasi pertama dimulai dari Kecamatan Awayan, kemudian dilanjutkan dengan Kecamatan Paringin, Paringin Selatan, Halong, Batu Mandi, Lampihong, Tebing Tinggi dan terakhir Juai," ujarnya Rosmelyanoor, Ketua Bawaslu Balangan.

Bahkan, tambah Rosmelyanoor, ada beberapa saran dan masukan yang diberikan Bawaslu Balangan terkait selisih yang keliru saat pelaksanaan rekapitulasi. 

"Namun secara keseluruhan, proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada kendala yang berarti," pungkasnya.[agus]
Lebih baru Lebih lama