Kasus Covid-19 Meningkat di Kalteng, Habib Ismail Ingatkan Ini

Kasus Covid-19 Meningkat di Kalteng, Habib Ismail Ingatkan Ini

PALANGKA RAYA, MK - Plt Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Habib Ismail Bin Yahya kembali mengingatkan bahwa protokol kesehatan (Prokes) senantiasa harus dipatuhi. Ini agar segala upaya dan biaya yang digelontorkan pemerintah untuk penanganan Covid-19, tidak menjadi sia-sia.

"Melonjaknya kasus Covid-19 ini jadi perhatian kita semua, dan kami sudah melakukan kunjungan serta koordinasi ke kabupaten yang kita anggap sebagai zona merah dan lonjakannya sangat tinggi, seperti Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat. Dan, alasan-alasannya itu kami dapatkan dan kami mencari formula dan strategi untuk bisa menekan angka tersebut," ungkapnya, Kamis (3/11/2020).

Habib Ismail menjelaskan, untuk APBD 2021, Pemprov Kalteng kembali mempersiapkan dana untuk penanganan Covid-19 melalui Biaya Tidak Terduga.

"Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak terkait sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit serta penguatan pelayanan kesehatan melalui peningkatan Sumber Daya Manusia, upaya ini terus dilakukan hingga saat ini untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di wilayah kita ini," imbuhnya.

Kemudian dalam peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjutan, Provinsi Kalteng juga sedang mempersiapkan pembangunan Rumah Sakit Kelas A yang ke depan diharapkan dapat menjadi pusat rujukan regional pulau Kalimantan atau bahkan untuk skala nasional. 

"Dalam upaya percepatan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC), Pemprov Kalteng melalui Program Kartu Kalteng Berkah (KKB) telah menyediakan anggaran untuk premi jaminan kesehatan masyarakat Kalteng yang kurang mampu," tandasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama