Jelang Nataru, Dinas PUPR Kalteng Bangun 16 Posko Siaga

Jelang Nataru, Dinas PUPR Kalteng Bangun 16 Posko Siaga

PALANGKA RAYA, MK - Pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Tak terkecuali di momen menyambut Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Selain melakukan kesiapsiagaan, Dinas terkait seperti Dinas Perhubungan dalam pemantauan dan pelayanan di Pelabuhan, Bandara serta terminal hingga lainnya, juga dilakukan pemantauan bidang peternakan dan perdagangan.

Tidak itu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran juga mengarahkan untuk pelayanan dan pemantauan kondisi jalan, apalagi saat ini situasi cuaca ada angin kencang dan hujan. 

Untuk itu, disiapkan guna mengantisipasi dan gerak cepat dalam penanganan baik itu alat berat dan siaga kondisi jalan. 

Terkait hal itu, Dinas PUPR Kalteng juga melakukan upaya kesiapsiagaan di jalan khususnya lingkup Provinsi.

"Hari ini kami menggelar rapat dan membentuk tim siap siaga kondisi jalan menyambut Natal dan Tahun Baru. Untuk posko induk kami tempatkan di kantor Dinas PUPR Provinsi, di Palangka Raya. Sementara 16 titik posko yang dibangun ditempatkan diseluruh wilayah Kalteng. Ini upaya pemerintah dalam membantu kesiap siagaan menyambut Nataru di wilayah Kalteng,' kata Kadis PUPR Provinsi Kalteng, H Shalahuddin, usai memimpin rapat pembentukan posko siaga, Rabu (23/12/2020). 

Dikatakannya, tim di Posko masing-masing selain standby dengan memantau situasi kondisi jalan di lokasi, juga menyiapkan alat berat yang siap di geser apabila ada hal yang bisa ditangani dengan cepat.

"Kita bersama-sama berdoa semoga pelaksanaan Nataru penuh khidmat dan berjalan dengan aman dan damai. Kami siapkan dan siagakan alat berat, mengantisipasi potensi seperti banjir, longsor dan lainnya. Itu semua untuk kenyamanan masyarakat dalam menghadapi Nataru," bebernya.

Dilanjutkannya, selain juga terus berkoordinasi dengan pihak Polda Kalteng dan jajaran mengenai posko pengamanan jalan itu, juga berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan serta pihak balai agar dapat membantu apabila ada informasi atau penanganan dengan cepat dilakukan. 

"Pengamanan jalan ini di lintas jalan Provinsi yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian apabila ada hal yang urgen yang harus ditangani dengan cepat, termasuk juga dengan pihak Dinas Perhubungan, sehingga dapat sinergi dalam mengamankan Nataru," kata Shalahuddin.

Terkait jalan nasional, Shalahuddin menjelaskan juga sudah berkoordinasi dengan pihak balai untuk dapat menyiagakan serta berkoordinasi sehingga situasi jalan aman dan nyaman. 

"Kami sudah koordinasi dengan pihak balai dalam hal pembangunan posko kesiap siagaan menyamhut Nataru ini," jelasnya.

Berbagai jalur jalan yang menjadi perhatian, timpalnya, diantaranya di jalan Bukit Rawi, jalan arah Kuala Kurun dan Barito, jalan Kotawaringin Lama dan Sampit serta perbatasan Kalbar dan Kalsel juga menjadi perhatian dalam menyiagakan tim dan posko.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama