Gubernur Kalteng Terima Penghargaan Kementerian LHK

Gubernur Kalteng Terima Penghargaan Kementerian LHK

PALANGKA RAYA, MK - Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran menerima penghargaan dedikasi konservasi dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan Dedikasi Konservasi Penanganan Kecelakaan Sebangau dari Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian LHK RI Wiratno tersebut diterima oleh Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, mewakili Gubernur di Halaman Kantor Balai Taman Nasional Sebangau, Palangka Raya, Minggu (27/12/2020).

Selain itu, sebanyak 6 penghargaan diberikan kepada pihak-pihak yang berperan dalam koordinasi penanganan kecelakaan Sebangau, termasuk Kepala Balai Taman Nasional Sebangau Andi Muhammad Kadhafi dan seorang warga masyarakat.

Penghargaan dedikasi konservasi juga diberikan bagi 8 korban kecelakaan Sebangau yang terjadi 9 Maret 2020 lalu tersebut. Penghargaan bagi para korban diserahkan Dirjen KSDAE kepada perwakilan keluarga korban.

Kementerian LHK RI juga menyerahkan Penghargaan Dedikasi Konservasi Koridor Hidupan Liar atas dedikasi pada pengelolaan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Koridor Hidupan Liar di wilayah Provinsi Kalteng.

Salah satu dari 6 penerima penghargaan tersebut adalah Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng Sri Suwanto.

Dirjen KSDE menyampaikan bahwa penghargaan dari Kementerian LHK RI merupakan bentuk apresiasi bagi pihak-pihak yang tergerak dalam penyelamatan alam. 

"Penghargaan itu sebetulnya adalah ungkapan sayang, terima kasih, kebanggaan kepada siapapun. Tolong dicatat, siapapun yang hatinya tergerak untuk ikut serta menyelamatkan alam, mencintai sesama mahkluk, merangkul, mengingatkan, mengangkat, menarik, menolong, merengkuh, menepuk pundak," ucapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan serta apresiasi kepada Gubernur Kalteng yang sangat berperan dalam upaya penanganan kecelakaan Sebangau.

"Salam kami pada Bapak Gubernur. Saya juga dengar cerita beliau saat penyelamatan itu. Itu adalah panggilan hati beliau dan para pemimpin di sini. Untuk itu, Ibu Menteri menyampaikan salam hangat dan penghargaan setinggi-tingginya," ujarnya.

Sementara itu, Fahrizal Fitri kembali mengenang dan mendoakan para korban kecelakaan di Sungai Sabangau Kereng Bangkirai, Kelurahan Sabaru, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya. Para korban meninggal dunia dalam tugas dalam persiapan dan pengamanan VVIP kunjungan Raja dan Ratu Belanda.

"Kami berharap ini adalah pengalaman kita, menjadi perhatian kita ke depan untuk lebih waspada. Setiap melaksanakan tugas pasti ada resiko namun kita antisipasi untuk mengurangi risiko dalam pelaksana tugas," ucap Sekda seraya mendoakan dan mengapresiasi jasa-jasa para korban.

Selanjutnya, Sekda atas nama Gubernur menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Menteri LHK atas dedikasi dan kepedulian Gubernur dalam penanganan kecelakaan, perawatan korban di Rumah Sakit, hingga pendampingan dalam masa pemulihan korban kecelakaan Speedboat yang selamat dan keluarga korban meninggal dunia.

Dan juga Sekda menyampaikan terima kasih atas penghargaan atas pengelolaan kawasan konservasi di wilayah Provinsi Kalteng.

"Ini menunjukkan pimpinan peduli. Ini harus didorong, memperlihatkan ke dunia luar bahwa inilah usaha penyelamatan alam bagi kita," tegasnya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama