Dapat Alat Pemotong dan Pengering Umbi, Petani Porang di Balangan Makin Untung

Dapat Alat Pemotong dan Pengering Umbi, Petani Porang di Balangan Makin Untung

PARINGIN, MK - Kini petani tanaman Porang atau umbi maya di Kabupaten Balangan mulai diuntungkan dengan dibantunya peralatan pemotong dan pengering umbi maya, serta alat pembuat pupuk granule/pellet secara pinjam pakai.

Penyerahan alat dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Balangan, dengan agenda ekspose laporan akhir sekaligus serah terima pinjam pakai alat pemotong dan pengering umbi maya, serta alat pembuat pupuk granule/pellet di halaman Kantor Balitbangda, Rabu (2/12/2020).

Porang atau umbi maya yang sudah cukup banyak dibudidayakan oleh kalangan petani di Kabupaten Balangan, cukup menguntungkan dengan budi daya yang relatif mudah dan terjangkau.

Kepala Bidang Sosial Ekonomi dan Pemerintahan Balitbangda Balangan, Riyadi NG Brata menyampaikan, dengan kegiatan ini pembudidaya umbi maya akan mendapat pengetahuan dan produksi yang lebih banyak, sehingga alat sebagai percontohan dapat dikembangkan oleh instansi terkait.

"Kita akan menunggu peralatan ini atau teknik pengolahan tepung itu akan mendapat perhatian khusus bagi masyarakat," ungkap dia.

Kepala Seksi Teknologi Industri Balai Riset Standarisasi (Baristand) Banjarbaru, Retri Yuli Lestari mengatakan, hal ini merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya. Sehingga untuk tahun ini pihaknya lebih fokus pada pengembangan produk umbi maya.

Menurutnya, dengan adanya alat pemotong dan pengering ini, mampu menambah nilai jual dan memperoleh harga yang lebih tinggi hingga dua kali lipat.

"Semoga bisa dikembangkan untuk produk-produk turunan umbi maya lainnya, sehingga Balangan bisa menjadi pusat dari produk tersebut," tutur dia.

Asosiasi Komunitas Porang Indonesia (Aspeporin) sekaligus mewakili kelompok tani porang Kabupaten Balangan, Joni Sulistianto berterima kasih atas bantuan yang diterima berupa alat pemotong dan pengering umbi maya ini.

"Tentunya ini sangat bermanfaat sekali bagi kawan-kawan petani porang di Balangan. Karena apa ini akan mendapatkan nilai tambah sampai 100 persen," ucap dia.

Joni menambahkan, melalui mesin yang diberikan ini tentunya juga akan mendorong petani tidak hanya sebagai petani saja tetapi sebagai wirausaha di desanya.

Joni juga ajakan seluruh kelompok tani porang untuk bekerja sama dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat, agar porang tidak hanya sebagai unggulan di desa saja, tetapi juga produk unggulan Kabupaten Balangan.[agus]

Lebih baru Lebih lama