Tausiyah, KH Abdussalam Annaqary: Contoh Akhlak Rasulullah

Tausiyah, KH Abdussalam Annaqary: Contoh Akhlak Rasulullah

PULANG PISAU, MK - Peringatan Maulid Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam, sudah berlangsung di Masjid Agung Ar-Raudhah, Kota Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, pada Senin malam 2 Oktober 2020.

Dalam pelaksanaannya, peringatan Maulid Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam yang rutin digelar oleh BKPRMI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau ini berjalan dengan khidmat dan tertib, hingga acara selesai.

Kegiatan yang dihadiri ratusan jemaah warga Pulang Pisau, dengan penceramah KH Abdussalam Annaqary Albanjary yang merupakan adik dari ulama kharismatik dari Kalimantan Selatan (Kalsel), yakni KH Muhammad Bakhit atau Guru Bakhit.

Dalam tausiyahnya, Guru Abdussalam Annaqary Albanjary menyampaikan, bahwa peringatan maulid nabi yang digelar setiap tahun oleh segenap umat muslim dipenjuru dunia ini, hendaknya memberikan bekas bagi kehidupan sehari-hari.

"Artinya, bukan hanya sekedar memperingati, tapi harus dapat mengambil makna yang dari Baginda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Minimal dapat kita petik hal-hal kecil dari tauladan beliau (Rasulullah shalallahu alaihi wasallam), karena itu semuanya bernilai ibadah Sunnah," ujar guru Abdussalam dihadapan para jemaah. 

Dijelaskannya, contoh kecil perilaku Nabi yang dapat diikuti adalah merapikan sandal. Mengapa demikian? Karena, merapikan andal itu merupakan salah satu dianjurkan Nabi.

"Jadi, hal sekecil apapun kalau kita berniat mutaba’ah terhadap apa yang dianjurkan Nabi maka akan ada nilainya," ungkap Mubalig yang juga Pimpinan Pondok Pesanatren Datu Ismail Kuaro Kalimantan Timur (Kaltim) ini.

Kemudian, hal penting lainnya yang disampaikan Guru Abdussalam adalah meniru akhlak Nabi SAW. Meski begitu, imbuhnya, sebagai umat hakikatnya manusia biasa tidak memiliki akhlak.

Sebab, ungkapnya, hanya Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang memiliki akhlak sebagaimana disebutkan di dalam Alquran Surah Al Qalam ayat 4 yang artinya "Sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas budi pekerti yang agung."

"Nah, kalau kita (manusia biasa) hanya memiliki adab, adab dalam hal ini adalah bagaimana sikap dan perilaku kita dapat menyenangkan orang lain, tidak menyusahkan orang lain, apalagi membuat orang lain celaka, itu bagian dari akhlak Nabi," tukasnya.

Sementara, dalam sambutan Ketua Panitia Pelaksana kegiatan ini, Fatkurraji mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pulang Pisau yang telah mensupport dana kegiatan Peringatan Maulid ini setiap tahunnya melalui DPD BKPRMI Kabupaten Pulang Pisau.

"Tahun ini pelaksanaan peringatan Maulid memang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19. Untuk itu kami mengimbau agar jemaah tetap mematuhi protokol kesehatan seraya senantiasa berdoa semoga wabah ini segera berakhir," ucap Fatkurraji dengan cukup singkat.

Sementara, egiatan ini dihadiri Plt Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang yang diwakili Kalaksa BPBD Drs H Salahudin yang didaulat untuk menyampaikan sambutan atas nama Plt Bupati Pulang Pisau.

Selain itu, turut hadir sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Pulang Pisau, yakni Kepala Diskominfo Moh Insyafi, Plt Kadisbudpar Osa Maliki, Kepala Bank Kalteng Pulang Pisau, Ardiansyah dan sejumlah pejabat lainnya.

Hadir pula dalam kesempatan itu Ketua PC NU Kabupaten Pulang Pisau H Edy Pratowo, Wakil Ketua I DPRD H Ahmad Fadli Rahman, Wakil Ketua II DPRD Nova Selvia, sejumlah anggota DPRD, dan Kabag TU Kantor Kemenag Pulang Pisau Khairani.[manan]

Lebih baru Lebih lama