Turunkan Personel Gabungan, Polres Tanbu Gelar Operasi Zebra

Turunkan Personel Gabungan, Polres Tanbu Gelar Operasi Zebra

BATULICIN, MK - Dibantu petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Bumbu (Tanbu), operasi zebra digelar personel Satlantas Polres di kawasan Terminal Kersik Putih, Selasa (27/10/2020).

Selain mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK, juga dilakukan tes urine kepada pengemudi sebagai antisipasi kemungkinan adanya pengemudi yang menggunakan narkoba.

"Jadi di sini sudah kita lakukan pengecekan surat izin pengemudi maupun tes urine para pengemudi. Tes urin ini hasilnya masih negatif," terang Kapolres Tanbu, AKBP Himawan Sutanto Saragih.

Operasi zebra Patuh Intan 2020 ini menyasar kendaraan roda 4 maupun roda dua. Petugas tak sedang melakukan tilang jika mendapati pengendara tidak memiliki kelengkapan surat-surat berkendara.

Melalui operasi ini diharapkan masyarakat patuh dan sadar dalam berlalu lintas, terutama dengan melengkapi surat-surat kendaraan serta patuh dalam protokol kesehatan.

Razia ini dilangsungkan selama 14 hari, mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020. Pada kesempatan ini, Dishub berkepentingan untuk mencek KIR mobil angkutan.

Sementara itu, Kepala Dishub Tanbu, Wisnu Wardhana menambahkan, masyarakat terkadang tidak menyadari dalam hal angkutan, baik itu angkutan umum, maupun angkutan barang dan yang menjadi kewenangan Dishub terkait buku KIR.

"Jadi ketika buku KIR mereka mati mereka tidak sadar, bahwa di sana ada pengecekan seperti rem, lampu. Walaupun hal ini kecil, satu lampu rem ini bisa fatal bagi pengendara yang ada di belakangnya," jelasnya.[joni]

Lebih baru Lebih lama