Tekan Inflasi dengan Ketersediaan Komoditas

Tekan Inflasi dengan Ketersediaan Komoditas

PALANGKA RAYA, MK - Ada tiga komoditas pendorong inflasi di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, di antaranya ikan gabus, lele dan perhiasan emas.

Sedangkan tiga komoditas penahan inflasi diantaranya buah semangka, angkutan udara dan daging ayam ras.

Itu diungkapkan Wakil Walikota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah saat Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang digelar di Ruang Rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota setempat, Selasa (13/10/2020).

"Pada bulan September 2020 Kota Palangka Raya mengalami deflasi sebesar 0,36 persen, dipengaruhi oleh penurunan indeks harga pada kelompok makanan, minuman dan tembakau," ungkapnya.

Dilanjutkannya, guna mendorong TPID agar terus memberikan perhatian lebih terhadap ketersediaan pasokan dan stabilitas harga komoditas penyumbang inflasi di Ibukota Provinsi Kalteng tersebut.

"Untuk menekan semakin tingginya capaian inflasi secara menyeluruh dan selalu menjaga ekspetasi masyarakat karena perilaku belanja masyarakat banyak dipengaruhi oleh ekspetasi sehingga pemerintah perlu menjaga ekspektasi masyarakat agar perilaku belanja dapat dikendalikan," imbuhnya.

Umi berharap pertemuan itu dapat merumuskan dan menyelesaikan banyak hal yang berkaitan dengan pengendalian inflasi di Kota Palangka Raya, serta sinkronisasi program dan kegiatan antar OPD dan Lembaga atau Institusi terkait dalam melakukan sinergi kebijakan dan strategi kebijakan kestabilan angka inflasi serta pengembangan strategis di tahun 2020.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama