SIWO PWI Kalteng Gelar Pelatihan untuk Wartawan Olahraga

SIWO PWI Kalteng Gelar Pelatihan untuk Wartawan Olahraga

PALANGKA RAYA, MK - Berbagai program kerja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan hingga menulis berita terus dilakukan. 

Salah satunya, program bidang Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalteng menggelar pelatihan menulis berita dan foto bagi kalangan insan pers di Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai ini.

Kegiatan itu selain untuk menambah ilmu, juga untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan wartawan yang ada di Kaltang khususnya wartawan yang meliput kegiatan olahraga.

Pada kegiatan itu dengan  menghadirkan dua orang narasumber yang berkompeten di bidangnya, yakni Vicensius GL, redaktur olahraga Kalteng Pos dan Makna Zeezar, fotografer Kantor Berita Antara Kalteng. 

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari tersebut digelar di Hotel Aquarius Kota Palangka Raya, Jumat (23/10/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan karena merupakan salah satu agenda PWI Kalteng dalam memfasilitasi para jurnalis yang ada, agar semakin profesional dalam menjalankan tugasnya khususnya wartawan yang meliput kegiatan olahraga sekaligus meningkatkan kualitas SDM di media masing-masing baik elektronik, radio, cetak dan televisi. 

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kadis Pemuda dan Olahraga Kalteng, Falery Tuwan sekaligus menbuka kegiatan, juga Ketua KONI Kalteng, H Eddy Raya Samsuri dan Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin.

Ketua PWI Kalteng dalam amanatnya menyampaikan bahwa pemberitaan di bidang olahraga  mempunyai peran yang cukup penting dalam mengangkat kemajuan daerah di bidang olahraga, terutama menghadapi PON dan kegiatan olahraga sekala tradisional hingga membawa nama baik daerah Kalteng.

"Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan nyata dari Pemerintah Daerah kepada PWI Kalteng dalam bersinergi melaksanakan program peningkatan kualitas SDM wartawan.  Selaku  pengurus PWI, saya berterimakasih kepada Pemprov, KONI Kalteng dan mitra kerja yang memberikan dukungan dan semangat untuk bersama sama dalam mengangkat informasi daerah Kalteng, khsusnya bidang olahraga," katanya.

Haris juga menyampaikan bahwa, SIWO Kalteng memiliki komitmen dalam gelaran Porwanas 2021 nanti yang akan digelar di Malang, Jawa Timur, dan akan mempertahankan prestasi yang telah ditorehkan yakni peringkat III Nasional pada Porwanas sebelumnya, bahkan berusaha menaikkan peringkat menjadi yang pertama secara nasional. 

Hal itu, lanjut Haris, tentunya dengan dukungan dan semangat serta peran dari Pemprov Kalteng dalam membantu PWI termasuk juga KONI Kalteng dalam bersinergi meningkatkan olahraga. 

"Semoga PWI Kalteng dapat mempertahankan juara III Nasional dalam Porwanas. Hal ini juga didukung oleh Pemerintah Daerah, KONI Kalteng dalam bersinergi meningkatkan kualitas olahraga Kalteng, terutama atlet PWI Kalteng dalam berlatih dan berkarya menulis berita olahraga," jelasnya. 

Haris pun berharap dengan digelarnya pelatihan itu akan menciptakan wartawan yang handal dan memiliki kemampuan dalam menulis berita di bidang olahraga.

"Mudah-mudahan setelah pelatihan ini kawan-kawan sudah mulai bisa menulis berita olahraga dan terima kasih kepada dua orang narasumber yang bersedia hadir membagi pengalamannya dalam liputan berita olahraga," tukas Haris.

Sementara itu, Ketua KONI Kalteng mengapresiasi pelatihan menulis berita dan foto olahraga tersebut karena dapat membantu dan saling bersama sama dalam menyampaikan informasi mengenai dunia olahraga di Kalteng, terutama menyongsong kesiapan menghadapi PON Papua 2021.

"KONI Kalteng siap bersinergi dan berkolaborasi bersama PWI Kalteng dalam meningkatkan kualitas atlet SIWO, apalagi sudah memiliki prestasi III besar Nasional dalam Porwanas di Bandung 2016 lalu, pertahankan dan tingkatkan," tandasnya.

Kemudian, Kepala Dispora Kalteng mengaku bangga dengan atlet PWI Kalteng sudah bisa meraih hasil luar biasa di pentas Nasional sehingga hal itu juga menjadi acuan dalam olahraga di Kalteng untuk menuju terbaik di Nasional.

"Kami bangga dengan prestasi PWI Kalteng dalam Porwanas. Dispora siap bersinergi, belerjasama dalam hal sarana dan fasilitas olahraga untuk dapat membantu PWI Kalteng dalam meningkatkan olahraga di Kalteng," tukasnya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama