Mantap, Kalteng Raih Penghargaan Pembinaan Proklim

Mantap, Kalteng Raih Penghargaan Pembinaan Proklim

PALANGKA RAYA, MK - Secara virtual melalui video conference di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Jumat (23/10/2020), Sekda Fahrizal Fitri mengikuti acara Penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim).

Penghargaan ini merupakan acara Puncak Festival Iklim Tahun 2020 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Juga tampak mendampingi Sekda, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalteng, Esau Tambang.

Festival Iklim tahun 2020 yang bertajuk Penguatan Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di masa pemulihan Pandemi Covid-19 ini, Provinsi Kalteng menerima Penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim. 

Penghargaan apresiasi pembinaan Proklim, diberikan kepada Kepala Daerah yang dinilai telah berhasil membina wilayahnya, menjadi Proklim secara berkelanjutan.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Ruandha Agung Sugardiman mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi pada era adaptasi kebiasaan baru atau New Normal, perlu disikapi dengan melaksanakan refocusing program agar berjalan secara efisien dan efektif dengan mengoptimalkan modalitas sumberdaya yang tersedia. 

"Demikian pula halnya dengan pelaksanaan Program Kampung Iklim Tahun 2020, yang terus dilaksanakan dalam upaya mempersiapkan masyarakat yang berketahanan iklim dan menerapkan pola hidup rendah emisi Gas Rumah Kaca (GRK)," ujar Ruandha.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Bambang Hendroyono menyampaikan bahwa penghargaan Proklim diberikan kepada daerah yang memiliki inisiatif, komitmen, dan dedikasi da diwujudkan dalam langkah nyata upaya pengendalian perubahan iklim yang dilakukan di tingkat tapak. 

"Hidup kita bergantung pada alam dan sumber dayanya, sehingga kita harus mencintai dan memelihara alam juga bumi sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa," ucapnya.

"Saya mengundang saudara-saudara untuk menjadi agen-agen yang mencerdaskan pribadi-pribadi pembaharu yang memberi contoh dalam mengelola dan memelihara lingkungan hidup dan isinya. Mari bersatu, bergotong royong melestarikan nilai luhur bangsa Indonesia dan bumi yang kita cintai ini," pungkas Siti Nurbaya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama