Pemprov Kalteng Terus Salurkan Bansos ke Berbagai Daerah

Pemprov Kalteng Terus Salurkan Bansos ke Berbagai Daerah

PALANGKA RAYA, MK - Perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk membantu masyarakat di situasi pandemi Covid-19 terus ditunjukkan. 

Ini tampak pada penyaluran bantuan sosial (Bansos) untuk tahap dua, setelah tahap pertama sukses untuk keluarga penerima manfaat dengan jumlah ratusan ribu.

Untuk bansos tahap dua ini, tidak dengan uang tunai, melainkan berupa barang sembako seperti beras, gula dan lainnya. 

Bansos tahap dua dari Pemprov yang disalurkan Dinas Sosial secara bertahap disalurkan sampai ke masyarakat penerima di seluruh wilayah Kalteng, mulai 11 September 2020 hingga saat ini. 

Jumlah penerima bansos tahap dua ini adalah 112.429 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 14 kabupaten dan kota.

"Sudah mulai disalurkan bantuan sosial berupa sembako untuk warga masyarakat Kalteng tahap II sembari berjalan. Selain bantuan sosial dari Pemprov untuk warga terdampak banjir," kata Plt Kadis Sosial Kalteng, Rian Tangkudung, Rabu (7/10/2020). 

Penyaluran itu dilakukan di Kantor Kelurahan, seperti yang terlihat di Kelurahan Bukit Tunggal, Kota Palangka Raya, beberapa waktu lalu. Dimana dibagikan sebanyak 1.200 penerima bansos. 

Penyaluran dipantau langsung oleh Sekretaris Dinas Sosial Kalteng, Budi Santoso termasuk Lurah Bukti Tunggal Heri Fauzi, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa. 

"Berupa bahan pangan untuk menjaga ketahanan pangan dan menjaga asupan gizi masyarakat Kalimantan Tengah yang terdampak pandemi dan memastikan bahwa bansos diterima oleh masyarakat.  Saat ini bertahap, di Kelurahan Bukit Tunggal ada 1.200 penerima dan ini terus disalurkan," kata Budi.

Budi menguraikan, untuk tahap kedua ini berupa bahan pangan terdiri dari beras 10 kilogram, minyak goreng dua liter, sarden, susu kental manis. 

Dilanjutkannya, Pemprov Kalteng terus berupaya untuk membantu masyarakat dan meringankan beban ekonomi yang saat ini terdampak Covid-19.

Pembagian itu juga dilakukan secara protokol kesehatan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama baik mulai tahap pengecekan KTP, nama, hingga penyerahan bantuan. 

Diketahui, sejak dilaunching Gubernur Kalteng Sugianto Sabran beberapa waktu lalu, kesiapan Dinsos terus dilakukan agar penyaluran penerima bansos tersebut tepat sasaran serta terverifikasi dengan baik.

Penyalurannya pun sudah sejak tanggal 21 September 2020 ke seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama