Pantau Perkembangan, Pjs Bupati Kotabaru Kunjungi RS Karantina Covid-19

Pantau Perkembangan, Pjs Bupati Kotabaru Kunjungi RS Karantina Covid-19

KOTABARU, MK - Kunjungan kerja dilakukan Pjs Bupati, Kotabaru M Syarifudin ke rumah sakit khusus karantina Covid-19 di Desa Stagen, Kecamatan Pulau laut utara, kabupaten Kotabaru, Senin (5/10/2020).

Ia meninjau langsung kondisi sarana dan sumber daya manusia (SDM) baik tenaga kesehatan maupun tenaga pembantu lainnya.

Syarifudin mengatakan, pandemi Covid-19 merupakan suatu pandemi yang harus ditangani dengan bekerja sama dan saling bahu membahu dalam penanganannya.

Ia menyampaikan, beberapa waktu lalu berdasarkan hasil daring dengan satuan tugas covid-19 dipusat, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel melaporkan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di kotabaru cukup rendah. 

"Hanya mencapai 61 persen dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya yang mencapai 70 persen ke atas," katanya.

Karenanya perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui sebab rendahnya tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di kotabaru.

"Kami bersama SKPD terkait akan melaksanakan rapat, untuk melihat di mana letak permasalahannya, sehingga kenapa menjadi sampai terlambat," terangnya. 

Pemkab segera mencarikan solusi serta usaha meningkatkan kesembuhan dan menekan tingkat kematian agar Kotabaru terhindar dari zona merah menjadi orange, menuju zona hijau.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Hj Ernawati menambahkan, jumlah tenaga kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Stagen sebanyak 35 orang, terdiri dari Nakes Puskesmas sebanyak 27 orang, dokter ada 2 orang.

Namun, lanjutnya, 1 orang dokter sedang mengikuti pendidikan. Kemudian penambahan 1 orang dokter dari Makolanal Kotabaru, Nakes dari Polres Kotabaru 3 orang, dan bantuan Nakes dari Kodim 1004/kotabaru 2 orang.

Menurutnya, untuk sementara konsumsi harian pasien yang dirawat di Rumah Sakit Stagen, dikelola dan disediakan langsung Dinkes. 

Pihaknya juga memperbolehkan tambahan konsumsi dari masing-masing pihak keluarga pasien, namun tetap ada SOP-nya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama