Eksotis Potensi Wisata Bataguh dari Primata hingga Situs Kerajaan Tua

Eksotis Potensi Wisata Bataguh dari Primata hingga Situs Kerajaan Tua

KUALA KAPUAS, MK - Potensi objek wisata di wilayah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah salah satunya berada di Kecamatan Bataguh, Kelurahan Pulau Kupang terdapat pulau kecil di tengah-tengah sungai, maka wilayah itu disebut Pulau Kupang.

Menjadi daya tarik tersendiri lantaran di Pulau Kupang dengan alamnya yang cukup eksotis, berada di tengah sungai yang masih asri di sana juga terdapat habitat hewan langka Primata Borneo atau biasa disebut Bekantan (Nasalis Larvatus).

Tidak hanya itu, di Pulau Kupang juga terdapat situs kerajaan tua, situs Bataguh yang merupakan legenda putri Nyai Undang.

Irpan, salah satu tokoh pemuda di Kuala Kapuas menuturkan jika potensi wisata di Pulau Kupang bisa dikembangkan tentu akan menjadi daya tarik akan mendatangkan banyak orang berkunjung kesana.

"Selain alamnya yang masih asri, di pulau itu terdapat populasi bekantan, jika dikelola akan menjadi alternatif destinasi wisata yang menarik" kata Irfan, Jumat (30/10/2020).

Ketua KNPI Kapuas ini mengaku telah beberapa kali mengunjungi Pulau Kupang, dikatakannya terdapat situs kerajaan Kuta Bataguh yang tidak jauh dari lokasi Pulau Kupang.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga (Disbudpora)  Kapuas, H Suparman menyampaikan pihaknya akan mengembangkan potensi wisata yang ada di Kecamatan Bataguh tersebut.

"Yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah sarana dan prasarana untuk mendukung program pengembangan kawasan wisata tersebut," kata H Parman, sapaannya.

Menurutnya, jika rencana itu didukung semua pihak tentunya akan cepat terealisasi.

"Dan aset wisata ini mudah terjangkau, baik lewat darat maupun susur sungai dan jaraknya tidak jauh dari kota," imbuhnya.

Ia mengharapkan apabila terealisasi rancangan pengembangan kawasan potensi wisata yang berada di Pulau Kupang tersebut, bisa dikunjungi tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan dari luar daerah.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama