Di Tengah Covid-19, Memancing Ikan jadi Tren Bagi Warga Pulang Pisau

MetroKalimantan, KALTENG - Meski tatanan baru atau new normal diberlakukan, Virus Corona Disease atau Covid-19 masih mewabah. Sehingga, membuat pemerintah bersama unsur lainnya terus menyampaikan imbauan kepada masyarakat guna mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), secara umum masyarakatnya cukup sadar dalam menerapkan Prokes.

Itu terlihat dari aktifnya masyarakat kabupaten berjuluk Handep Hapakat ini memakai masker saat keluar rumah untuk melakukan aktivitas kesehariannya.

Meski tak banyak aktivitas dilakukan masyarakat di era tatanan baru ini, namun keinginan warga untuk melakukan sejumlah kegiatan menjadi hobi tersendiri, diantaranya minat memancing ikan oleh masyarakat semakin meningkat. 

Hal tersebut seperti diakui oleh Roni dan Fawi. Menurut keduanya, memancing merupakan hobi yang mengasikan. Sebab, selain bisa mendapatkan ikan juga mengurangi rasa suntuk ditengah Pandemi Covid-19.

"Sebelum Covid-19, hobi mancing ikan ini terbatas kita lakukan. Tapi saat Covid mewabah aktivitas memancing menjadi agenda rutin, dan hampir tiap hari. Biasanya paling satu atau dua kali seminggu," ucap Roni saat dibincangi awak media metrokalimantan.com, Sabtu (17/10/2020) di areal pemancingan alam, di Jalan Rey III, kota Pulang Pisau.

Menurut Roni, lokasi memancing di wilayah Pulang Pisau ini masih banyak. Bahkan, tidak jauh dari perkotaan masih banyak ditemukan spot mancing yang jenis ikannya bervariasi, mulai ikan Batok, Gabus dan Sepat Siam.

"Biasanya kita mancing ikan Papuyu (Batok) atau ikan Sepat Siam, atau juga ikan Haruan (Gabus). Nah, tiga jenis ikan tersebut masih banyak kita dapati di spot-spot mancing yang biasa kita datangi," ujarnya.

Kemudian, hal senada disampaikan Fawi, yang kesehariannya berprofesi sebagai seorang wartawan di salah satu media online di Kalteng.

Menurut Fawi, memancing ini merupakan hobi dari sejak kecil. Sehingga, katanya, tak pernah absen untuk melakukan aktivitas memancing, meski harus menyisihkan waktu disela kewajiban memuat atau merilis bahan berita.

"Hobi memancing ini sudah semacam mendarah daging di diri saya. Saat ini selepas merilis berita saya sempatkan untuk mencari spot mancing, bahkan kadang-kadang sambil mancing sambil juga merilis berita," ungkapnya.

Kemudian lagi, diakhir perbincangan, Roni dan Fawi berpesan kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang hobi memancing, agar tetap menaati peraturan pemerintah, yakni menerapkan protokol kesehatan. 

"Karena kita masih Pandemi Covid-19. Jadi, tetap terapkan Prokes, salah satunya tetap memakai masker dan jaga jarak. Yah, semoga saja wabah ini cepat berlalu," harap Roni dan Fawi.[Suratman]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar