Budidayakan Rosella, BBPP Binuang Panen Perdana

BINUANG, MK - Sebagai salah satu Pusat Pelatihan Pertanian di Kalimantan, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang terus berupaya mengembangkan tanaman yang mempunyai potensi untuk dikembangkan di masyarakat, seperti tanaman rosella. 

Bunga rosella yang memiliki nama latin Hibiscus Sabdariffa ini merupakan tanaman yang berasal dari Benua Afrika. Selain sebagai tanaman penghias pekarangan, juga terkenal mempunyai kaya manfaat terutama antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Bunga rosella bisa menjadi alternatif pilihan sebagai sumber antioksidan yang bisa dikonsumsi.

Panen kali ini merupakan panen perdana yang dilakukan hari ini, Jumat tanggal 16 Oktober 2020. Pemanenan dilakukan di lahan praktik BBPP Binuang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Km 85, Binuang Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Dengan luas lahan 200 meter persegi, sekali pemanenan diperoleh satu keranjang kurang lebih 10 kilogram bunga rosella basah.

Cecep Suhardedi SP M.Sc, salah satu widyaiswara di BBPP Binuang mengemukakan, bunga rosella yang dibudidayakan adalah varietas Roselindo 1 yang berasal dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat di Malang.

Ia menambahkan, tujuan awal penanaman rosella adalah untuk mengetahui kesesuaian lahan terutama Kalimantan Selatan untuk budidaya rosella.

Sementara itu, Febtu Arisandi S.TP M.Ling selaku Widyaiswara pengolahan di BBPP Binuang menyatakan bunga rosella bisa diolah menjadi berbagai macam olahan dari yang paling sederhana menjadi minuman teh rosella hingga menjadi berbagai macam olahan.

"Sebut saja seperti sirup dan jelly rosella yang memiliki potensi yang cukup menjanjikan," pungkasnya.[advertorial]

Penulis : Cecep

loading...

Posting Komentar

0 Komentar