3M Diklaim Langkah Tepat Cegah Penyebaran Covid-19

3M Diklaim Langkah Tepat Cegah Penyebaran Covid-19

MetroKalimantan, KALTENG - Sejak menyebarnya Virus Corona Disease atau Covid-19 pada awal tahun 2020 hingga kini, tentunya menjadi mimik menakutkan. 

Ketakutan mendalam dirasakan seantero jagad raya, terutama bagi negara yang terserang virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir 2019 lalu.

Akibatnya, virus tersebut telah menginfeksi ribuan bahkan jutaan orang di seluruh dunia, termasuk di wilayah Indonesia.

Meski begitu, berbagai pakar pengobatan medis terus berupa melakukan berbagai macam cara guna memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), sejauh ini terus dilakukan upaya memutus rantai penyebaran virus mematikan itu.

Salah satu upaya yang dilakukan pihak-pihak terkait, yakni dengan menyampaikan imbauan kepada masyarakat, agar terus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang sudah diatur dalam Perbup nomor 20 tahun 2020 tentang penerapan disiplin penegakan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019.

"Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan menghindari kerumunan atau 3M merupakan langkah efektif untuk memutus penyebaran Virus Corona," kata Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, Selasa (20/10/2020).

Menurutnya, setiap warga berperan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus corona atau Covid-19. Dari itu, lanjutnya, tugas ini tidak hanya dilakukan pemerintah melainkan tugas bersama dalam rangka memutus penyebaran Covid-19, khususnya di kabupaten berjuluk Handep Hapakat ini.

"Ingat, penularan Covid-19 ini paling banyak terjadi melalui tangan. Jadi, kembali saya imbau, agar masyarakat selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir sebelum melakukan kegiatan apapun," pungkasnya.[suratman]

Lebih baru Lebih lama