Suksesi Pilkada di Tengah Covid-19, Pemkab Tanbu Gelar Rakor Prokes

Suksesi Pilkada di Tengah Covid-19, Pemkab Tanbu Gelar Rakor Prokes

BATULICIN, MK - Untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2020, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penegakan hukum protokol kesehatan (Prokes) pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Ruang Rapat Bursujud, Kamis (18/9/2020).

Rakor ini dihadiri Wakil Bupati H Ready Kambo, Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem sebagai moderator, Dandim 1022 TNB, Ketua KPU Makhruri, perwakilan Forkopimda, Bawaslu dan pejabat SKPD terkait.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Ready, Bupati Tanbu, H Sudian Noor mengatakan, Rakor ini merupakan tindak lanjut dari surat yang dilayangkan Kementerian Dalam Negeri kepada seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada 2020.

Surat itu meminta kepada pemerintah daerah agar melaksanakan Rakor terkait penegakan hukum protokol kesehatan di daerah. Ini agar terdapat kesepahaman dari seluruh pihak terkait, karena semakin kompleksnya permasalahan akibat Covid-19.

“Khususnya bagi kita di Bumi Bersujud, yang apabila tidak segera diambil kebijakan, berpotensi menghambat jalannya pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu,” jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, masing-masing stakeholder penyelenggara bisa melaporkan persiapan yang telah dilakukan. Terutama terkait pencegahan dan deteksi kerawanan penularan Covid-19 dalam penyelenggaraan tahapan proses Pilkada serentak 2020.

“Sehingga tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahu 2020 di Kabupaten Tanah Bumbu dapat berlangsung tertib, lancar, aman dan damai,” pintanya.

Sekda Rooswandi menambahkan, Rakor ini digelar guna menyamakan persepsi dan menyatukan sikap bersama, yakni mensukseskan Pilkada yang baik, bersih, sejuk, sehat, tertib protokol kesehatan dan bebas Covid-19.

Rakor sendiri menghadirkan narasumber dari KPU, Bawaslu dan Dinas Kesehatan.

Dalam rakor juga dilakukan penandatangan pakta integritas sebagai wujud komitmen mematuhi protokol kesehatan, pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam Pilgub serta Pilbup Tanbu.[joni]


Lebih baru Lebih lama