Harkonas 2020, Pemprov Kalteng Lakukan Ini

Harkonas 2020, Pemprov Kalteng Lakukan Ini

PALANGKA RAYA, MK - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran diwakili Sekda Fahrizal Fitri mewakili membuka secara resmi Pasar Penyeimbang Provinsi Kalteng di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur setempat, Kamis (24/9/2020).

Pembukaan pasar tersebut dilakukaan bersamaan dengan Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2020.

Pelaksanaan pembukaan pasar penyeimbang itu merupakan salah satu program Pemprov dalam membantu masyarakat, terutama di bidang ekonomi. 

Pasar penyeimbang dimaksudkan untuk mengendalikan harga bahan pokok dan mencegah laju inflasi agar pertumbuhan ekonomi dapat stabil dan berkesinambungan, kestabilan inflasi merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan yang pada akhirnya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. 

"Pandemi Covid-19 ini telah membuat pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Indonesia mulai gelisah. Beberapa dampak nyata yang disebabkan oleh pandemi ini, diantaranya naik turunya aktivitas penjualan, distribusi yang terhambat karena adanya Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah, sehingga menyebabkan laju inflasi tidak terkendali," ucapnya.

Guna menanggulangi hal tersebut, Pemprov Kalteng terus berupaya dengan mengambil langkah-langkah strategis untuk mendorong pelaku usaha IKM agar tetap survive menjalankan usahanya sehingga masih dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi perekonomian masyarakat.

Peringatan Harkonas di Kalteng itu juga diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya Talk Show dengan tajuk Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju, dengan sub tema Kepercayaan Bertransaksi Menuju Konsumen Berdaya. 

Dan, tujuan dari kegiatan Talkshow itu tidak lain adalah untuk mengimplementasikan amanat Undang-yndang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, dimana masyarakat sebagai konsumen harus terlindungi dan berdaya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama