Dinas PUPRPKP Kapuas Sosialisasikan Pamsimas, Ini Tujuannya

Dinas PUPRPKP Kapuas Sosialisasikan Pamsimas, Ini Tujuannya

KUALA KAPUAS, MK - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kabupaten Kapuas melalui Bidang Cipta Karya menggelar sosialisasi penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau Pamsimas di aula Kantor DPUPRPKP, Kamis (24/8/2020).

Kegiatan dibuka oleh Plt Sekda Kapuas, Drs Septedy, dihadiri Plt Kadis PUPRPKP Teras ST MT, Kabid Cipta Karya Jonnie ST MM, perwakilan PUPR Provinsi Kalteng serta diikuti para Camat, OPD terkait dari perwakilan desa dan fasilitator desa.

Sosialiasi untuk Pansimas III tahun anggaran 2021 ini sesuai dengan alur waktu perencanaan Pansimas III tahun 2021.

Plt Kadis PUPRPKP Kapuas, Teras ST MT mengatakan, sosialisasi ini dilaksanakan guna menjelaskan pentingnya penggunaan dan pengelolaan air besih oleh masyarakat sekaligus menjelaskan bagaimana alur dan mekanisme tahap perencanaan hingga pelaksanan program tesebut.

"Program Pamsimas ini ada peran serta desa dan masyarakat. Dimana desa mengalokasikan anggaran sebesar 10 persen dar APBDes, kemudian 20 persen dari masyarakat tetapi bukan dalam bentuk uang. Jadi desa harus berkesiapan dalam penyusunan APBDes jangan sampai terlambat, saat ini sudah tahap penyusunan agar nanti bisa dilaksanakan tahun 2021," papar Teras.

Pendanaan program Pamsimas tersebut bersumber dari dana Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Desa melalui APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten, APBDes serta dana kontribusi masyarakat.

Kebutuhan masyarakat akan sanitasi dan air bersih menjadi pemerintah salah satunya melalui program Pamsimas ini.

"Untuk itu kita harapkan kesiapan desa terhadap Program Pamsimas ini, sehingga nantinya dalam pelaksanaan berjalan sebagaimana mestinya," tukasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama