Wakili Pemkab Tanbu, Rooswandi Sampaikan Jawaban RAPBD Perubahan

Wakili Pemkab Tanbu, Rooswandi Sampaikan Jawaban RAPBD Perubahan

BATULICIN, MK - Mewakili Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem menghadiri Rapat Paripurna DPRD di Gedung Dewan, Selasa (25/08/2020).

Dalam Paripurna ini, Rooswandi menyampaikan jawaban atas pemandangan umum fraksi tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan Tahun Anggaran 2020.

Ia mengatakan, penyusunan RAPBD Perubahan Tahun Anggaran 2020, berpedoman pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, nomor 5 tahun 2020, tentang Prioritas Penggunaan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020.

Rooswandi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh anggota DPRD Tanbu, terutama fraksi-fraksi yang telah memberikan saran, masukan serta kerja kerasnya terhadap RAPBD Perubahan Tahun Anggaran 2020.

Dalam Paripurna itu, berbagai pandangan fraksi lebih banyak mempertanyakan terkait turunnya nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama Tahun Anggaran 2020.

“Penurunan Pendapatan Asli Daerah disebabkan karena adanya pandemi Covid-19, yang mengakibatkan penurunan aktivitas ekonomi masyarakat. Sehingga PAD yang ditargetkan menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini,” paparnya.

Pihaknya menyadari di mana jawaban maupun penjelasan yang sudah disampaikan masih dalam tataran kebijakan yang bersifat umum.

Karena itu, untuk penjelasan secara lebih rinci dan lebih teknis mengenai berbagai hal yang masih perlu di dalami, dapat dibahas pada kesempatan rapat-rapat komisi maupun Rapat Badan Anggaran.

Terkait berbagai saran yang telah disampaikan seluruh fraksi, pada pihak eksekutif menerima dan akan dijadikan sebagai landasan bagi perbaikan penyelenggaraan pemerintahan kedepan.

“Diharapkan ini akan menjadi prioritas dalam upaya membangun, guna terciptanya pelayanan optimal bagi kesejahteraan seluruh masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu ini,” pungkasnya.[joni]
Lebih baru Lebih lama