Menuju Pola Hidup Sehat, DPUPR Tanbu Bangun Tangki Septik Individual

Menuju Pola Hidup Sehat, DPUPR Tanbu Bangun Tangki Septik Individual

BATULICIN, MK - Penerapan pola hidup sehat mesti dilakukan setiap orang, termasuk dalam hal Mandi Cuci Kakus (MCK). Pemerintah pun harus memfasilitasi upaya warga untuk menerapkan pola hidup sehat itu.

Untuk memfasilitasi penerapan pola hidup sehat, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membangun tangki septik individual.

Kepala Dinas PUPR Tanbu, Ansyari Firdaus S.Hut melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Fery Haryanto kepada metrokalimantan.com, Rabu (5/8/2020) mengungkapkan, ada sebanyak 1.714 tangki septik individual yang dibuatkan di 20 desa dari sembilan Kecamatan di Tanbu.

"Ada 20 Desa di sembilan kecamatan yang dibangun tangki septik individual. Hanya Desa Kusan Hilir yang tidak masuk di tahun 2020 ini, karena Kecamatan Kusan Hilir sudah ada di desanya mulai 2018 sampai 2019," tutur Fery.

Untuk Desa Kusan Hilir, lanjutnya, nanti ada di tahun 2021 untuk tangki septik individual ini. Untuk bantuan tangki ini dikerjakan oleh masyarakat di desa masing-masing. 

"Misalnya desa ini dapat jatah 100 unit. Maka dari 100 unit, desa sudah bisa mengaturnya agar 100 unit bisa terlaksana," imbuhnya.

Menurutnya, di Tanbu masuk zona merah, dalam artian perlu dibantu secara sanitasi. Desa-desa yang ada masyarakat miskin, diprioritaskan dapat bantuan.

Fery menambahkan, pembangunan tangki septik individual ini bertujuan untuk merubah pola hidup sehat bagi masyarakat.[joni]
Lebih baru Lebih lama