Gubernur Kalteng Tatap Muka dengan Relawan Sosial dan RT

Gubernur Kalteng Tatap Muka dengan Relawan Sosial dan RT

PALANGKA RAYA, MK - Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menjadi bagian penting untuk upaya pencegahan dan antisipasinya. Salah satunya dengan terus memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat.

Sebut saja, mulai dari instansi pemerintah, ormas, relawan hingga pada tingkatan ketua Rukun Tetangga (RT). Ini agar dapat menyampaikan dan membantu warga terhindar dari potensi Covid-19. 

Terkait itu, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menggelar silaturahmi dengan anggota Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT), atau relawan sosial yang membantu masyarakat di Kota Palangka Raya yang bergerak dalam bidang fasilitator masyarakat yang membutuhkan, Selasa (4/8/2020) sore di halaman Istana Isen Mulang.

Kegiatan itu juga dihadiri Ketua PKK Provinsi Kaltengz Ivo Sugianto Sabran juga dihadiri Anggota DPR-RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran serta sejumlah Kepala Dinas Provinsi.

Pada momen tersebut, Gubernur juga mendengarkan aspirasi dan masukan dari relawan serta sejumlah RT yang hadir dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, serta bentuk sinergitas cepat dalam membantu masyarakat sampai kepada Dinas Sosial, Rumah Sakit dan lainya. 

"Hari ini kami bersama anggota relawan atau SLTR atau relawan sosial bersilaturrahim, duduk bersama mendengarkan masukan dan aspirasi dalam membantu masyarakat. Kami salut dan apresiasi dengan kawan kawan relawan dalam melayani dan membantu masyarakat, termasuk juga dengan RT yang membantu warganya," ucapnya,

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut juga meminta pihak Dinas Sosial Provinsi untuk membantu tim relawan SLRT, dimana sudah terbentuk di tiga wilayah dan akan dibentuk seluruh Kalteng agar dapat sigap dalam membantu masyarakat yang membutuhkan sampai ke pedalaman.

Selain itu, Ia juga meminta kepada RT untuk memantau bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi khususnya agar tepat sasaran serta melaporkan warganya yang membutuhkan agar dapat dibantu oleh pemerintah baik Kota, Kabupaten serta Pemprov. 

"Kawan kawan relawan ini yang mengetahui kondisi masyarakatnya sampai ke pedalaman, sigap dalam membantu dan melakukan fasilitator membantu masyarakat. Kami merasa terbantu, sehingga rumah sakit juga dapat sigap dan Dinas Sosial Provinsi serta daerah sigap dan cepat dalam membantu," imbuhnya.

Sugianto juga menerima masukan dari anggota SLTR yang rumahnya rusak serta butuh bantuan warga yang memiliki keterbelakangan mental di wilayah Pahandut dan Pananrung.

"Kami menerima masukan itu, kami akan bantu baik secara pribadi dan melakui Pemerintah. Silahkan diskusikan, saat ini ada Kepala Dinas Sosial dan Perkim, koordinasikan," katanya.

Sementara itu, salah satu Ketua RT juga mengajukan permintaan agar diwilayahnya dibantu tandon air untuk mencegah sebaran Covid-19 dengan cuci tangan secara teratur.

"Tandon air atau tong, nanti segera kami kirim ke tempat bapak. Kami juga berterimakasih kepada seluruh relawan yang membantu warga dan rela meluangkan waktunya untuk menolong sesama meskipun ditengah kondisi Covid-19 saat ini. Kami apresiasi, terimakasih," tutup Sugianto.[kenedy/adv]
Lebih baru Lebih lama