Dikunjungi DPRD Tapin, Dinsos Kapuas Jadi Referensi Pengelolaan Bansos

Dikunjungi DPRD Tapin, Dinsos Kapuas Jadi Referensi Pengelolaan Bansos

KUALA KAPUAS, MK - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kembali menerima kunjungan kerja (Kunker) dari Komisi I DPRD Kabupaten Rantau, Kalimantan Selatan.

Kunjungan para wakil rakyat dari Bumi Bastari ini dipimpin Fahruni, Ketua Komisi I DPRD Tapin bersama 3 anggota lainnya. Mereka didampingi 2 staf kesekretariatan dewan.

Kedatangan mereka diterima langsung Kepala Dinas Sosial Kapuas, Budi Kurniawan di ruang kerjanya, Selasa (25/8/2020).

Usai melakukan pertemuan, Fahruni mengungkapkan, kunjungan ini merupakan salah satu agenda Komisi I DPRD Tapin.

"Ini dalam rangka studi banding atau konsultasi terkait bantuan baik dari pemerintah maupun swasta terhadap masyarakat yang terkena dampak Covid-19," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kapuas menjelaskan, dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, Kabupaten Kapuas secara khusus merupakan kabupaten terbanyak menerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

"Terkait dengan bantuan sosial reguler dan bansos penanganan Covid-19, baik bersumber dari APBN maupun APBD total bantuan tersebut sebanyak 84.864 kepala keluarga," papar Budi.

Kuncinya, menurut Kadinsos saling bersinergi dengan SOPD terkait, dan keaktifan  dalam melakukan verifikasi dan validasi data.

"Apabila hal tersebut aktif dijalankan maka bantuan akan lebih mudah untuk disalurkan oleh Pemerintah Pusat," tukasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama