84.864 Bansos Tersalurkan di Kapuas

84.864 Bansos Tersalurkan di Kapuas

KUALA KAPUAS, MK - Total jumlah penerima bantuan sosial (Bansos) di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) mencapai 84.864 kepala keluarga (KK) yang tersalurkan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kapuas, Budi Kurniawan menyebut jumlah tersebut meliputi Bansos reguler dan juga bansos penanganan Covid-19, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  Kabupaten serta bersumber dari Dana Desa (DD).

"Untuk Kabupaten Kapuas saat ini total jumlah penerima bantuan tersebut sebanyak 84.864 KK," kata Budi, Jumat (7/8/2020).

Dengan rincian, penerima Program Keluarga Harapan (PKH) 8.121 KK, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 14.885 KK, Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos 18.254 KK, jumlah ini merupakan yang terbanyak di Kalteng.

Selanjutnya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD Kabupaten Kapuas sebanyak 23.880 KK dan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLTD-DD) Kabupaten Kapuas sebanyak 19.724 KK.

“Secara khusus untuk BLT APBD Kabupaten sudah mengcover lebih dari 150 desa dan kelurahan, jadi yang tertinggal hanya di wilayah hulu," ungkapnya.

Diakuinya, kendala di daerah hulu terkait dengan verifikasi dan pendataan serta tidak ada sistem informasi atau telekomunikasi.

"Ada sekitar 10 ribuan KK lagi, tapi kita tetap fasilitasi untuk mendapatkan bantuan dan masuk pada gelombang ke empat,” tukasnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama