Vakum di Masa Pandemi, Ini Harapan Pelaku Seni Kapuas

Vakum di Masa Pandemi, Ini Harapan Pelaku Seni Kapuas

KUALA KAPUAS, MK - Pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh sektor, salah satunya yaitu kesenian. Seperti halnya para pelaku seni yang tergabung pada Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Sebelum pandemi DKD Kapuas aktif berkegiatan, berbagai event dan acara mereka gelar, bahkan DKD setiap minggu rutin bereksprsesi manggung di panggung DKD di pangung taman seni budaya di eks Kantor PU lama.

Semua itu dilakukan untuk membina bakat seni para generasi muda dan menjadi wahana hiburan bagi masyarakat Kapuas.

"Selama pandemi ini, sudah 4 bulan kami tidak pernah lagi menggelar kegiatan," ungkap Tommy Saputra, Ketua Harian DKD Kapuas, Selasa (21/7/2020).

Menurutnya, ada beberapa agenda yang dibatalkan karena pandemi Covid-19. Para pelaku seni yang tergabung di DKD Kapuas vakum karena patuh pada anjuran pemerintah stay at home dan menghindari kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak.

"Pada masa pandemi tidak pernah ada lagi kegiatan yang sifatnya di lapangan atau out door, namun masih ada rekan-rekan kita yang tetap berkarya melalui virtual," ungkapnya.

Tommy menambahkan, tidak sedikit para seniman yang tergabung di DKD harus mencari cara lain untuk bertahan hidup.

"Karena ada juga seniman-seniman yang menggantungan hidup dari seni, di masa pandemi mereka otomatis juga kehilangan job," kata dia.

Pihaknya berharap pemerintah membuat peraturan yang tujuannya dapat menerbitkan izin keramaian meski dengan protokol kesehatan di masa new normal akan datang.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama