Tetap Semangat di Tengah Covid-19, SMK Bhakti Bangsa Lanjutkan UKK

Tetap Semangat di Tengah Covid-19, SMK Bhakti Bangsa Lanjutkan UKK

BANJARBARU, MK - Pandemi Covid-19 tak menghalangi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Bangsa Banjarbaru untuk kembali menggelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

Kali ini, Kamis (16/7/2020), SMK ini melangsungkan UKK kepada siswa kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Untuk jurusan ini, UKK dilaksanakan selama 6 hari, mulai tanggal 16 hingga 22 Juli 2020. 

UKK ini sendiri didukung oleh PT. Barito Berlian Motors  ( Mitsubishi)  dan PT.Kramayudha Tiga Berlian Motors Jakarta. Ujian ini memiliki 2 sesi, yakni tune up diesel dan transmission

Ujian ini langsung dilakukan 4 siswa dengan 2 materi. Untuk 2 siswa melakukan uji tune up diesel dan 2 siswa lagi melakukan uji transmissi secara bergantian, dengan durasi 45 menit setiap sesi.

Ada 2 penguji dalam UKK ini, tepatnya penguji Eksternal dari PT. Barito Berlian Motors / Mitsubishi dan satunya penguji Internal dari SMK Bhakti Bangsa.

Kepala SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru, Kartikawati S.Pd MM mengungkapkan, dengan dilaksanakannya UKK ini diharapkan siswa akan mendapatkan softskill dan hardskill sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Kepala SMK Bhakti Bangsa yang akrab disapa Ibu Tika ini berharap dengan memiliki kompetensi keahlian akan menjadi bekal yang cukup bagi alumnus SMK Bhakti Bangsa untuk berkompetisi di dunia kerja.

"Kami berharap dengan dilaksanakannya UKK ini akan menjadi bekal mereka untuk meraih sukses di masa yang akan datang. Dan menjadi nilai tambah, ketika mereka bergabung di dunia kerja," terangnya.

Sejatinya, kegiatan belajar mengajar sudah selesai, mengingat para siswa kelas XII ini sudah dinyatakan lulus dari SMK Bhakti Bangsa. 

"Tetapi kami tetap melaksanakan UKK, untuk penguatan kompetensi siswa" imbuh Kartika.

Kartika juga menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada tim dan manajemen PT. Barito Berlian Motors / Mitsubishi dan PT.Kramayudha Tiga Berlian Motors Jakarta yang mensupport UKK SMK Bhakti Bangsa ini.

Kepala Program Studi TKRO  menambahkan, pihaknya berani melanjutkan UKK ini dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah sesuai dengan prosedur.

"Kami melakukan UKK bukan hanya untuk mendapatkan sertifikat, tetapi juga agar mereka mengingat kembali pelajaran yang sudah kami ajarkan, serta memantapkan kompetensinya" jelasnya.

Penguji Eksternal dari PT. Barito Berlian Motors / Mitsubishi,  juga berkomentar terkait UKK ini. "Siswa di SMK Bhakti Bangsa ini sudah sesuai harapan, saya bangga kepada mereka," tuturnya.

Salah seorang peserta UKK, Ahkmad Setiawan mengaku tetap rileks meski harus mengikuti UKK di masa pandemi Covid-19. Apalagi sebelumnya sudah mengikuti pra UKK. Materi yang diujikan juga sudah dipahami.[renaldy]
Lebih baru Lebih lama