Tak Pakai Masker, Sejumlah Pengendara Diberi Sanksi Joget

Tak Pakai Masker, Sejumlah Pengendara Diberi Sanksi Joget

PULANG PISAU, MK - Upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 masih terus dilakukan pihak kepolisian, di antaranya memberikan imbauan kepada para pengendara agar mematuhi protokol kesehatan saat pendemi Covid-19.

Seperti yang dilakukan Satlantas Polres Pulang Pisau, Polda Kalteng, saat melaksanakan Operasi Patuh Telabang 2020 di Jalan Tingang Menteng, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (30/7/2020) pagi.

Dalam operasi tersebut, masih banyak didapati warga, khususnya pengendara motor yang tidak memakai masker.

"Bagi pengendara yang didapati tidak memakai masker, maka kita berikan sanksi berjoget dengan irama lagu yang kita putar atau kita mainkan," ucap Kasatlantas Polres Pulang Pisau, AKP M Syafuan Nor kepada wartawan di Pulang Pisau.

Menurut Syafuan, sejak Operasi Patuh Telabang  dimulai pada 23 Juli 2020 lalu, pihak kepolisian, khususnya Satlantas Polres Pulang Pisau sudah melakukan sosialisasi berupa membagikan masker dan protokol kesehatan lain kepada pengendara.

"Sosialisasi selama sepekan lebih, setelah itu kita melakukan tindakan kepada pengendara yang tidak memakai masker, namun tindakannya hanya sanksi sosial berupa joget sambil memakai masker yang kami berikan," tuturnya.

Kenapa hanya sanksi sosial yang diberikan, menurut Syafuan, petugas kepolisian belum bisa melakukan tindak penilangan bagi pengendara yang tidak memakai masker. 

Artinya belum pada tahap sanksi sosial lainnya. Penilangan dilakukan apabila ada pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalulintas.

"Tindakan berupa joget ini kami lakukan guna memberikan pelajaran kepada pengendara untuk selalu taat pada protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19 di Pulang Pisau," bebernya.

Terpisah, Rudi (43), salah seorang warga Desa Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, yang mendapat sanksi joget menuturkan, dirinya tidak merasa malu bahkan ini akan menjadi pelajaran untuk selalu menggunakan masker.

"Saya berpesan kepada seluruh warga agar selalu mentaati protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker demi keselamatan kita bersama," ucapnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama