Sekda Tanbu Lantik Anggota BPD Desa Kersik Putih

Sekda Tanbu Lantik Anggota BPD Desa Kersik Putih

BATULICIN, MK - Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), H Rooswandi Salem terhadap 9 anggota Badan Permusyawatan Desa (BPD) Desa Kersik Putih di Kantor Kecamatan Batulicin, Rabu (29/7/2020).

Bupati Tanbu, H Sudian Noor dalam sambutan tertulis yang disampaikan Rooswandi mengucapkan selamat atas dilantiknya BPD Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin periode 2020-2026.

Iabl mengharapkan anggota BPD yang baru dilantik mampu meningkatkan sistem checks and balances, atau sistem pengawasan dan keseimbangan jalannya Pemerintah Desa (Pemdes).

Karena, lanjutnya, BPD merupakan wakil masyarakat yang dipilih sebagai bagian dari Pemdes, sekaligus merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemdes.

"BPD tidak boleh atau dinilai hanya sebagai pemberi stempel untuk memberikan legitimasi kepada pemerintah desa, tetapi betul-betul mempunyai fungsi sehingga pemerintahan desa itu bisa berjalan dengan baik," paparnya.

Terutama, sambungnya, dalam menjalankan fungsi check and balances, sebagai kontrol sosial dan kontrol politik bagi Kepala Desa dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan dan kemasyarakatan.

Rooswandi menambahkan, BPD dan Kepala Desa merupakan mitra yang saling mendukung dan saling bersinergi.

Untuk itu, BPD harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, dan senantiasa melakukan koordinasi maupun konsultasi dinamika kehidupan masyarakat desa dengan Kepala Desa.

"Ini penting guna merumuskan langkah kebijakan desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Selanjutnya dalam rangka pelaksanaan kebijakan, Pemkab Tanbu melalui program Alokasi Dana Desa, BPD dan Kepala Desa harus mampu mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangannya.

Ini agar pelaksanaannya dapat lebih efesien, efektif, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan secara baik dan benar, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tampak hadir dalam pelantikan BPD ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Nahrul Fajeri dan Camat Batulicin M. Yamani.[joni]

Lebih baru Lebih lama