Sebulan Beraktivitas, TMMD Desa Bangun Jaya Resmi Berakhir

Sebulan Beraktivitas, TMMD Desa Bangun Jaya Resmi Berakhir

SUKAMARA, MK - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-108 T.A 2020 di Desa Bangun Jaya, Kecamatan  Balai Riam, Kabupaten Sukamara, resmi ditutup Kepala Staf Korem (Kasrem) 102/Pjg, Kolonel Inf Ibrahim Pulungan di GOR WDR Bangun Jaya, Rabu (29/7/2020).

Tampak hadir pada seremoni penutupan TMMD ini, Dandim 1014/Pbn, Letkol Inf Yudi Rianto Ratu, Bapati Sukamara, H Windu Subagyo, Kapolres Sukamara, Pabung Sukamara Mayor Inf Enggarsono SH, Ketua DPRD Sukamara, Kepala SOPD Sukamara, Unsur Forkopimda, serta Camat Balai Riam.

Di momen ini juga dilaksanakan penandatanganan naskah serah terima hasil pekerjaan kegiatan TMMD dari Dansatgas TMMD kepada Bupati Sukamara.

Pada kesempatan ini, Kasrem Kolonel Ibrahim membacakan amanat Pangdam XII/Tanjungpura. Dalam amanatnya disampaikan bahwa pelaksanaan TMMD merupakan salah satu tugas pokok TNI.

Tugas ini diatur dalam Uundang-Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, yang salah satunya yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP), di mana tugasnya membantu pemerintah daerah, khusunya dalam hal percepatan dan peningkatan pembangunan di wilayah, terutama daerah perbatasan atau terpencil.

Pelaksanaan TMMD ke-108 ini agak berbeda dengan pelaksanaan-pelaksanaan TMMD sebelumnya, di mana pelaksanaan TMMD tahun ini dibuka dan ditutup dengan cara berbeda, karena adanya wabah Covid-19.

"Namun demikian, kita tetap bersyukur karena pelaksanaan TMMD dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar," ucap Ibrahim.

Ia menambahkan, TMMD tahun 2020 ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, untuk wilayah Kodam XII/Tpr dilaksanakan di 5 Kodim dan 5 Kabupaten, salah satunya di Kabupaten Sukamara dan dilaksanakan selama 30 hari.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Pangdam XII/Tpr atas persetujuan dan dukungan pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat yang telah berkontribusi positif dan partisipasi aktif dalam pelaksanaan TMMD, sehingga berjalan lancar.

"Pangdam berpesan dan menitipkan kepada masyarakat yang wilayahnya menjadi sasaran TMMD, khususnya sasaran fisik  agar dijaga, dirawat dan dipelihara seperti merawat diri sendiri," pintanya.

Ini tak lain agar hasil pembangunan atau pekerjaan TMMD ini dapat berusia panjang dan dapat dinikmati generasi ke depan, khususnya anak cucu.[deni]

Lebih baru Lebih lama