Rakor dengan Kemenhub, Bandara di Muara Teweh segera Diresmikan

Rakor dengan Kemenhub, Bandara di Muara Teweh segera Diresmikan

MUARA TEWEH, MK - Rapat Koordinasi bersama Humas Kementerian Perhubungan Republik Indonesia digelar Pemerintah Kabupaten Barito Utara di Rumah Jabatan Bupati Barito Utara, Sabtu (11/7/2020). 

Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Sugianto Panala Putra didampingi Sekretaris Daerah H Jainal Abidin ini membahas persiapan peresmian Bandara H Muhammad Sidik, Kota Muara Teweh. 

Sugianto mengatakan, Pemkab Barut terus berupaya mewujudkan Bandara di daerah Iya Mulik Bengkang Turan. Ini seiring pelaksanaan pembangunan Bandara H Muhammad Sidik yang berada di Kecamatan Teweh Baru.

Menurutnya, Bandara ini ditargetkan rampung tahun 2020 sesuai yang diharapkan. Untuk saat ini sedang dalam percepatan pembangunan infrastruktur penunjang Bandara.

Bandara H Muhammad Sidik ini memiliki landasan pacu 1.400 meter dan lebar 30 meter. Kemudian apron seluas 110.25 meter dan lebar 80 meter, taxiway 173 meter dan lebar 18 meter serta memiliki terminal seluas 1.250 meter persegi.

Sementara itu, Humas Perwakilan Kemenhub, Irena Mariska menyampaikan, Bandara H.Muhammad Sidik segera diresmikan pada 2020 ini. Bandara ini merupakan dari 15 Bandara yang telah dibangun Kemenhub.

Perlu diketahui, lanjutnya, Bandara Muara Teweh akan diresmikan oleh Pejabat Pemerintah Pusat. Sebelum diresmikan, Kemenhub akan mempublikasikan Bandara H. Muhammad Sidik ini untuk disampaikan kepada Dirjen Perhubungan.

"Saya berharap Bandara baru ini nantinya akan mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar," tutur Irena.

Terpisah, Bupati Barut, H Nadalsyah menyampaikan, Bandara H Muhammad Sidik ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi warga Barito Utara.

"Sesuai target Kementerian Perhubungan, peresmiannya di tahun 2020 ini juga. Karena menjadi salah satu prioritas yang harus selesai tepat waktu," kata Nadalsyah.[ruhui]

Lebih baru Lebih lama