Masih Covid-19, Giliran Siswa TBSM SMK Bhakti Bangsa Jalani UKK

Masih Covid-19, Giliran Siswa TBSM SMK Bhakti Bangsa Jalani UKK

BANJARBARU, MK - Kendati masih berada di situasi pandemi Covid-19, semangat para siswa Kelas XII jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Bangsa Banjarbaru, masih terlihat di hari keempat Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Kamis (9/7/2020).

UKK yang dilangsungkan mulai 6 hingga 9 Juli 2020 ini sendiri mengujikan tiga materi, yakni Uji Perawatan Berskala Mesin, Uji Berkala Rangka dan Uji Berkala Kelistrikan. 

Ujian ini didukung PT. Astra Honda Motor (AHM). Bahkan penguji UKK juga langsung dari rekomendasi AHM, yakni main dealer Honda Trio Motor Kalselteng. UKK ini turut disaksikan oleh pengawas pembina dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan.

Kepala SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru, Kartikawati S.Pd MM mengungkapkan, dengan dilaksanakannya UKK ini diharapkan siswa akan mendapatkan softskill dan hardskill sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Kepala SMK Bhakti Bangsa yang akrab disapa Ibu Tika ini berharap dengan memiliki kompetensi keahlian akan menjadi bekal yang cukup bagi alumnus SMK Bhakti Bangsa untuk berkompetisi di dunia kerja.

"Kami berharap dengan dilaksanakannya UKK ini akan menjadi bekal mereka untuk sukses di masa akan datang. Dan menjadi nilai tambah, ketika mereka bergabung di suatu perusahaan," terangnya.

Sejatinya, kegiatan belajar mengajar sudah selesai, mengingat para siswa kelas XII ini sudah dinyatakan lulus dari SMK Bhakti Bangsa. 

"Tetapi kami tetap melaksanakan UKK, untuk penguatan kompetensi siswa" imbuh Kartika.

Kartika juga menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada tim dan manajemen main dealer Honda Trio Motor Kalselteng yang mensupport UKK SMK Bhakti Bangsa ini.

Kepala Program Studi TBSM, Kukuh Mugianto menambahkan, untuk UKK ini pihaknya mendatangkan 3 penguji, 1 di antaranya dari luar yang sudah teruji dari Trio Motor.

"90 persen sudah menguasai teknik dan materi yang kami ajarkan, karena mereka sudah melakukan pra UKK, sehingga mereka tidak bingung saat UKK," paparnya.

Salah seorang peserta UKK, Ahmad Fauzi mengaku tetap enjoy meski harus mengikuti UKK di masa Covid-19. Apalagi sebelumnya sudah mengikuti pra UKK. Materi yang diujikan juga sudah dipahami.

"Saya tak masalah ujian secara langsung ini, meski di masa Covid-19," tutupnya.[renaldy]
Lebih baru Lebih lama