Imbas Pandemi, Ekowisata Kampung Barasih Sepi Pengunjung

Imbas Pandemi, Ekowisata Kampung Barasih Sepi Pengunjung

KUALA KAPUAS, MK - Salah satu destinasi ekowisata yang ada di Kota Kuala Kapuas, yaitu Kampung Barasih. Kampung ini terletak di Handil Semangat, Kelurahan Selat Dalam, Kuala Kapuas Kalteng.

Biasanya kawasan ini ramai dikunjungi warga sebagai tempat wisata alternatif. Namun kini semenjak adanya pandemi Virus Corona, tempat itupun sepi pengunjung.

"Sebelum pandemi Covid-19 pengunjung di sini cukup ramai. Masyarakat yang datang biasanya untuk bersantai, atau berfoto bahkan ada juga anak-anak yang berenang di sungai," kata Hamsan Pengelola Kampung Barasih, Selasa (7/7/2020).

Namun, lanjutnya, sejak wabah Virus Corona kini kawasan ekowisata itu jarang didatangi warga.

Hamsan menuturkan Kampung Barasih merupakan salah satu kampung percontohan ekowisata. Sebelumnya kawasan ini tampak kumuh dan tidak terawat.

Pada tahun 2017 melalui program Neighborhood Upgrading Shelter Project atau NUSP-2, kawasan itu disulap menjadi kawasan ekowisata. Alhasil, kini tampak bersih dan asri hingga dinamai Kampung Barasih.

Di kawasan Kampung Barasih, terdapat anak sungai dengan siring membentang. Juga disediakan berbagai fasilitas mulai tempat bersantai dan tempat bermain yang diberi warna-warni, dengan suasana yang alami dan teduh.

Di kawasan itu juga terdapat jalan semenisasi yang dapat digunakan untuk gowes track dengan nuansa alami di sekitarnya terdapat pepohanan dan hamparan sawah membentang hijau.

"Di tahun 2017 lalu Kampung Barasih ini pernah mendapatkan peringkat pertama pada lomba kebersihan tingkat RT dan Sekolah Dasar se Kabupaten Kapuas," kenang Hamsan.

Ia berharap pandemi segera berlalu Kampung Barasih kembali ramai dikunjungi warga. Ke depan Ia mengharapkan pemerintah dapat menambah lagi fasilitas di Kampung Barasih.

Kepada warga sekitar dan pengunjung, Hamsan meminta untuk bersama-sama menjaga kebersihan di kawasan itu.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama