Ikan Bawal Bintang Berhasil Dibudidayakan

Ikan Bawal Bintang Berhasil Dibudidayakan


BANJARMASIN, MK - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Kotabaru milik Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Selatan berhasil membudidayakan pengembangan bibit ikan Bawal Bintang. Tak hanya budidaya, panen perdana pun telah dilakukan.

Ini yang membuat DPRD Kalsel sangat mengapresiasi hal tersebut. Apresiasi ini datang dari anggota Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi.

Menurutnya, hasil kegiatan yang digelar tambak ikan milik UPTD BBIP Kotabaru menjadi prestasi yang membanggakan bagi pihaknya sebagai pengawas kebijakan Pemprov Kalsel.

"Yang pasti saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini, dimana putra daerah kita berhasil mengembangkan ikan Bawal Bintang yang pertama di Kalsel, bahkan di Indonesia," ujar paman Yani sapaan akrabnya usai turut serta memanen dan menabur bibit ikan Bawal Bintang di Keramba budi daya ikan UPTD BBIP Kotabaru, Selasa (21/7/2020).

Panen perdana ini disebut panen raya di Kalsel, walaupun masih terdengar asing di telinga masyarakat. Akan tetapi jenis ikan baru yang berhasil dikembangkan, dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi sekarang.

"Dilihat dari perkembangan ikan ini sangat sehat, dan apabila dikonsumsi imunitas tubuh kita akan meningkat seiring masyarakat yang gemar makan ikan. Ini patut dicoba dan ini berhubungan juga dengan kesehatan masyarakat," jelasnya.

Paman Yani juga menyebutkan untuk pengembangan bibit ikan yang tergolong jenis baru dan berhasil ini, Bawal Bintang diharapkan dapat dibudidayakan di sejumlah daerah di Kalsel serta berpotensi besar dalam sektor perikanan.

"Sehubungan dengan adanya kegiatan panen ikan Bawal Bintang ini, kabupaten lain pun dapat ikut dalam mengembangkan potensi perikanan ini, seperti di kabupaten Banjar, Batola, Kotabaru maupun Tanah Laut," paparnya.

Lanjutnya, patut bersyukur Pemprov Kalsel kembali berhasil pengembangan budidayanya dan ini patut diapresiasi.

Senada, Plt Kepala Dislutkan Kalsel, Muhammad Fadhli mengatakan, keberhasilan yang diraih UPTD di bidang budidaya komoditi bibit ikan laut segar dan dikelola langsung oleh BBIP Kotabaru dapat menjadi contoh serta bukti prestasi sebagai mitra bantu dari dinas di lingkupnya itu.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian yang telah dilakukan oleh BBIP Kotabaru dalam mengembangkan budidaya ikan Bawal Bintang ini, sekaligus menandakan bahwa ada, putra bangsa sebagai anak banua yang memberikan lebih kepada Pemprov Kalsel," kata Fadhli.

Fadhli mengaku sangat senang dan menjujung tinggi keberhasilan ini sebagai UPTD milik Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel. Karena telah banyak membantu mengembangkan populasi ikan baru ditambak yang telah disediakan.

"Salah satunya, komoditi ikan Kakap Putih yang telah berhasil dibudidayakan pengembangannya, dan ini pencapaian luar biasa sebagai UPTD penghasil perdana ikan Bawal Bintang," tutupnya.[fuad]
Lebih baru Lebih lama