Hadiri Panen Raya, Ini Pesan Sekda Kotabaru

Hadiri Panen Raya, Ini Pesan Sekda Kotabaru

KOTABARU, MK - Panen raya digelar warga Desa Teluk Mesjid, Kecamatan Pulau Laut Timur, Kabupaten Kotabaru, Rabu (15/7/2020). Panen padi si lahan seluas 25 hektare dihadiri Sekda Kotabaru, Said Akhmad.

Program tanam 100 hektare lahan padi sawah yang diprogramkan Dinas Pertanian (Distan) Kotabaru ada di Desa Sungai Pasir Kecamatan Pulau Laut Tengah, Desa Teluk Mesjid Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Pudi Kecamatan Pamukan Selatan, dan Desa Bakau Kecamatan Pamukan Utara.

Kepala Dinas Pertanian dan Sandang Pangan Kotabaru, Hairudin mengatakan, dari 100 hektare program tanaman padi sawah yang dibagi menjadi 25 hektare di masing masing kecamatan.

Kini sudah ada dua kecamatan yang melakukan panen raya, yaitu Kecamatan Pulau Laut Tengah di Desa Sungai Pasir dan di Kecamatan Pulau Laut Timur ada di Desa Teluk Mesjid.

"Alhamdulillah panen tahun ini hasilnya meningkat, dari hasil ubin yang dilakukan program padi sawah di desa teluk mesjid ini mencapai 8,98 ton," tutur Hair.

Namun, lanjut Hairuddin, petani jangan merasa puas dengan hasil yang dicapai sekarang ini. Ia berharap kepada para petani di Kotabaru terus berjuang agar hasil panennya lebih meningkat lagi.

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar melalui Sekda H Said Akhmad mengatakan, pertanian merupakan salah satu visi misi agrobisnis dan pariwisata yang sangat perlu dikembangkan.

"Menyangkut pertanian, khususnya padi sawah ini meningkat, otomatis ketahanan pangan kita di Kotabaru akan meningkat pula, dan perekonomian para petani menjadi sejahtera," terang Said.

Saat ini, sambungnya, Pemkab bangga dengan capaian hasil padi sawah yang lumayan meningkat. Meski demikian, tentu jangan merasa puas, terus tingkatkan lagi agar hasilnya lebis memuaskan.

Said menambahkan, selain di bidang pertanian, hendaknya para perani di sela usai menunggu mengolah lahan untuk tanam padi sawah lagi, alangkah baiknya diberikan usaha tambahan seperti beternak itik atau ayam.

"Jadi di saat mereka menunggu panen padinya ada penghasilan tambahan, dan ini bisa menambah perekonomian para petani, namun disesuaikan dengan daerahnya agar SDM petani mejadi bertambah," tutupnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama