Gubernur Sugianto Tinjau Rapid Test Massal di Lokasi Food Estate

Gubernur Sugianto Tinjau Rapid Test Massal di Lokasi Food Estate

KUALA KAPUAS, MK - Rapid test massal digelar di kawasan bakal lokasi Proyek Strategi Nasional (FSN) Food Estate di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Dalam pelaksanaan rapid test massal tersebut dikerahkan 40 orang tenaga kesehatan.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran bersama Forkopimda Kalteng meninjau langsung pelaksanaan rapid test tersebut tepatnya di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Selasa (7/7/2020)

Kedatangan Gubernur Sugianto dan rombongan disambut Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Forkopimda setempat. 

Dalam kesempatan itu Sugianto mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna memutus dan mencegah penyebaran SARS-CoV-2 atau Virus Corona yang kini menjadi pendemi global.

"Masker wajib dipakai karena saat ini kita memasuki zaman yang baru. Kita harus disiplin kalau mau selamat. Kalau belum ada obatnya, jangan coba-coba, jangan meremehkan karena sudah banyak yang meninggal, Sayangi diri, sayangi keluarga," pesan Sugianto.

Sementara itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S  Bahat menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kalteng dan unsur Forkopimda lainnya atas bantuan pelaksanaan rapid test massal di wilayahnya.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan rapid test massal ini kepada warga kami," kata Ben

Dikatakan Bupati Kapuas dua periode ini, pasca melaksanakan PSBB tahap kedua, alhasil saat ini trend penyebaran Virus Corona menurun di Kabupaten Kapuas, di wilayah itu juga  telah melakukan rapid test massal secara masif kepada lebih dari 10.000 warga.

Kabinda Kalteng Brigjend Pol M Slamet Urip Widodo menyampaikan terima kasih kepada warga yang sudah secara datang ke lokasi untuk menjalani rapid test.

"Terima kasih bapak, ibu karena dengan sadar dan sukarela datang ke sini untuk dites, terpapar (Corona) atau tidak," kata dia.

Di tempat yang sama Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedy Prasetyo menegaskan bahwa Desa Bentuk Jaya ini adalah Desa Lewu Isen Mulang yang tangguh dari Corona (Covid-19). 

Tangguh terhadap kebakaran hutan, dan akan dijadikan pilot project oleh pemerintah sebagai desa yang memiliki ketahanan pangan, sehingga hal-hal positif tersebut perlu dijaga dengan mengikuti protokol kesehatan, menjaga hutan dan lahan, serta bekerja keras meningkatkan produksi pangan.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan hasil rapid test massal secara simbolis kepada 4 perwakilan warga.

Diserahkan oleh Gubernur Kalteng, Kapolda Kalteng, Kabinda Kalteng, dan Bupati Kapuas.

Kegiatan juga dirangkai dengan penyerahan bantuan masker dan handsanitizer dari Pemerintah Provinsi Kalteng. 

Bantuan diserahkan oleh Gubernur Kalteng kepada Kepala Desa Bentuk Jaya dan Kepala Desa Dadahup.

Sejumlah Kepala SOPD Provinsi Kalteng tampak hadir mendampingi Gubernur dalam kegiatan tersebut. Selain itu, tampak kehadiran anggota DPR RI Dapil Kalteng H.Agustiar Sabran.

Dalam kunjungannya ini, Gubernur Sugianto menyerahkan bantuan uang tunai secara pribadi kepada para tenaga kesehatan yang bertugas.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti memaparkan bahwa disediakan 1.000 alat rapid test untuk 4 lokasi di Kabupaten Kapuas, di mana salah satunya adalah Desa Bentuk Jaya A5. 

Saat kunjungan berlangsung, rapid test sudah dilakukan terhadap 177 warga dari target 250 warga di Desa tersebut dengan hasil non-reaktif.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama