Bersatu Wujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Masyarakat Kalteng

Bersatu Wujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Masyarakat Kalteng

PALANGKA RAYA, MK - Bertajuk "Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan Masyarakat Kalimantan Tengah Melalui Integrasi Lembaga Reforma Agraria", Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria Kalimantan Tengah (Kalteng) dibuka secara resmi oleh Gubernur Sugianto Sabran, Rabu (29/7/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut digelar di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur setempat itu membahas mengenai sistem agraria dan sinergitas dalam penataan ruang untuk membantu masyarakat Kalteng dan sistem wilayah itu yang dihadiri langsung SOPD Kalteng, Kanwil BPN Pelopor, Kepala  BPKH Wilayah XXI Palangka Raya Doni Sri Putra yang menjelaskan mengenai upaya penanganan agraria di wilayah Kalteng. 

Rakor juga diikuti secara virtual melalui Video Conference oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Surya Tjandra, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Direktur Jenderal Penataan Agraria Tata Ruang Andi Tenrisau, Tim Pelaksana Harian Gugus Tugas Reforma Agraria Kalteng, serta Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota se Kalteng.

Kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria Tahun 2020 berpusat di Kantor Wilayah BPN, 3 kabupaten dan 1 Kota, yaitu Kantor Pertanahan Kabupaten Pulang Pisau, Kantor Pertanahan Kabupaten Katingan, Kantor Pertanahan Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kantor Pertanahan Kota Palangka Raya. 

Adapun target untuk Tahun 2020 diantaranya, target sertifikat redistribusi sebanyak 16.228 sertifikat, terget kegiatan IP4T 14.947 bidang, serta target kegiatan PTSL sebanyak 35.218 sertifikat.

Sementara untuk sumber tanah obyek reforma agraria di Kalteng diantaranya, pensertifikatan tanah lokasi transmigrasi, TORA hasil PPTKH, alokasi 20% tanah HGU untuk kegiatan plasma perorangan.

Selanjutnya, tanah terlantar (masih menunggu SK dari BPN Pusat), tanah bekas tambang, kegiatan PTSL, lokasi hutan produksi yang dapat dikonversi (HPK) yang tidak produktif, serta kegiatan food estate dan lainya.

Ini penting untuk dilakukan pembahasan, di mana Pemprov Kalteng berharap kelancaran serta penanganan masalah agraria ini dapat dilakukan dengan baik untuk membantu daerah dan masyarakat luas di Kalteng. 

"Kami juga berterima kasih kepada Wakil Menteri ATR dan Wamen LHK dalam membantu memantau serta menekankan upaya penanganan agraria di Kalteng," ucap Sugianto.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama