Resmi, TMMD Reg Ke-108 Kodim 0105 Dibuka Bupati Ramli

MEULABOH, MK - Komandan Kodim 0105/Aceh Barat, Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd, selaku Dansatgas TMMD Reg ke-108 TA. 2020 bersama Bupati Aceh Barat, H Ramli MS menandatangani pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-108.

Pembukaan TMMD Tahun Anggaran 2020 ini dilangsungkan di wilayah Kodim 0105/Aceh Barat, tepatnya di Aula Makodim, Jalan Imam Bonjol Desa Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (30/6/2020).

Di momen opening ini disampaikan laporan Perwira Acara, sambutan Dandim 0105/Aceh Barat, sambutan Bupati Aceh Barat, penandatanganan penyerahan pelaksanaan TMMD Reg Ke -108 TA. 2020 kepada Dansatgas dan Pembacaan Doa.

Dandim Letkol Nurul dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada jajaran personel Satgas TMMD, khususnya Pemerintah Daerah (Pemda) Aceh Barat yang telah memilih Desa Lango sebagai tempat pelaksanaan program kegiatan sasaran TMMD ke-108. 

Desa Lango merupakan termasuk desa terpencil yang terletak di pedalaman Aceh Barat yang akses jalannya yang belum memadai. Dengan dibangunnya jalan ini telah memberikan harapan baru bagi warga Desa Lango, lantaran rute tersebut dapat memberi banyak kemudahan warga Desa Lango maupun Desa sekitarnya.

Jika selama ini butuh waktu berjam-jam untuk membawa hasil dari kebun ataupun sawah, maka dengan program TMMD dengan mengandeng Pemkab Aceh Barat, nantinya tidak lagi butuh waktu lama untuk membawa hasil kebun.

Dansatgas TMMD ini juga menyampaikan tentang kegiatan TMMD Reg ke-108 yang akan dilaksanakan. TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah dan komponen bangsa lainnya. 

Kegiatannya diprioritaskan di wilayah pedesaan dengan kategori daerah miskin/tertinggal, terpencil/terisolir, perbatasan/pulau-pulau kecil terluar, kumuh dan perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan serta daerah lain yang terkena akibat bencana. 

TMMD dengan sasaran kegiatan fisik telah berhasil melaksanakan pembangunan di desa-desa secara gotong royong. Kegiatan ini telah berjalan sejak tahun 1980 dengan ABRI Masuk Desa (AMD) sampai dengan sekarang dengan istilah TMMD. 

Manfaat TMMD telah banyak dirasakan oleh masyarakat, terutama meningkatnya kesejahteraan masyarakat perdesaan di seluruh wilayah indonesia.

'Saya mengajak seluruh hadirin yang berkesempatan hadir pada hari ini untuk sama-sama mendukung kegiatan ini, dengan demikian kegiatan ini akan terlaksana dengan maksimal, dan dapat membantu pembangunan pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera di wilayah Aceh Barat," tuturnya. 

Kepada pimpinan dan jajaran instansi pemerintah terkait serta semua pihak yang ikut mengambil bagian dalam program ini, Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi - tinginya. 

"Mudah-mudahan kerja sama dan segala upaya ini dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat di wilayah ini," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Ramli dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penunjukan Kabupaten Aceh Barat sebagai lokasi TMMD Reg ke-108 tahun ini, tepatnya di Desa Lango.

Salah satu program TMMD Reg-108 TA. 2020 kali ini, yakni perintisan akses jalan perbatasan Kecamatan antara Desa Lango dan Desa Antong Kabupaten Aceh Barat yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh warga masyarkat setempat.

"Semoga sinergitas TNI-Pemkab dan rakyat serta instansi terkait lainnya akan terus terjalin untuk membangun Kabupaten Aceh Barat yang lebih baik lagi, Aamiin Ya Rabbal’alamin," tambah Ramli.

Tutut hadir dalam acara TMMD Reg Ke-108, di antaranya Dandim 0105/Aceh Barat, Bupati Aceh Barat, Kajari Aceh Barat, Kasiterrem 012/TU, Wakil Ketua DPRK, Wakapolres Aceh Barat, Kadis PU PR ,Kepala DPKKD, Sekertaris Bappeda, Ka Dinkes, Kepala BPMG, Kepala Inspektorat, Para Camat se Aceh Barat, dan Geuchik gampong Lango Kecamatan Pante Ceureumen.[mia/rilis]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar