Pemukulan Gong Tandai Launching Program Desa Pantang Mundur

Pemukulan Gong Tandai Launching Program Desa Pantang Mundur

PULANG PISAU, MK - Launching program Desa Pantang Mundur atau Isen Mulang berlangsung di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (29/6/2020).

Belanti Siam sendiri diketahui merupakan desa yang dipilih sebagai desa percontohan untuk desa lainnya dalam menjalankan program Desa Pantang Mundur atau Isen Mulang.

Launching program yang diinisiasi langsung oleh Kapolda Kalteng, Irjen Dedy Prasetyo itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo yang menjadi penanda jika pelaksanaan program tersebut sudah mulai.

"Mudah-mudahan program ini bisa menjadi inspirasi bagi desa lainnya dalam rangka bersama mencegah Covid-19, Karhutla dan ketahanan pangan. Jadi hal ini menjadi perhatian kita bersama," ucap Bupati Edy kepada awak media. 

Menurut orang nomor satu di kabupaten berjuluk Handep Hapakat ini, untuk menjaga ketiga situasi saat ini, bukan hanya dilakukan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten, tetapi sampai tingkat terendah, yakni tingkat desa.

"Jika hal ini dilakukan bersama, maka semuanya dapat teratasi dengan baik," tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Pulang Pisau, AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan, upaya Polres Pulang Pisau sendiri dalam rangka mensukseskan program ini tentunya sejalan dengan kebijakan Bupati, seperti yang disampaikan tadi, yakni karhutla, ketahanan pangan, dan penanganan Covid-19.

"Dan hal itu sudah kita lakukan melalui sosialisasi dan imbauan kepada desa-desa lainnya. Jadi, menghadapi ketiga hal ini tentunya harus kerjasama oleh seluruh pihak, termasuk dengan masyarakatnya," ucap Kapolres dengan cukup singkat.

Sementara, pelaksanaan launching sendiri bertempat penggilingan padi NASIKU, Jalan Barito IV, Blok A, Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, pukul 09.00 WIB.[manan]

Lebih baru Lebih lama