Cegah Covid-19, Dua Desa di Balangan Dijadikan Kampung Tangguh

Cegah Covid-19, Dua Desa di Balangan Dijadikan Kampung Tangguh

PARINGIN, MK - Kampung Tangguh Banua resmi dilaunching Bupati Balangan, H Ansharuddin di dua desa, yakni Desa Inan Kecamatan Paringin Selatan dan Desa Balida Kecamatan Paringin, Kamis (18/6/2020).

Launching ini turut dihadiri Dandim 1001/Amuntai-Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi dan Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid.

Ansharuddin mengatakan, kertelibatan masyarakat dalam penanganan Covid-19 di Bumi Sanggam tentu sangat diharapkan. Pemkab, TNI Polri serta masyarakat harus bersinergi dalam mencegah wabah Covid-19.

Di antaranya, lanjut Ansharuddin, dengan program Kampung Tangguh Banua, di mana masyarakat dalam pembentukan desa ini dapat membantu penanganan Covid-19. Ini juga memotivasi masyarakat agar bertangung jawab dalam penyelesaian pandemi di Balangan.

"Kampung tangguh banua juga diharapkan menjadi kekuatan  dalam upaya penanganan virus Covid-19, serta kertelibatan masyarakat dalam penanganan Covid-19 sangat diharapkan," tuturnya.

Menurutnya, semua harus bertangung jawab dalam penerapan protokol kesehatan di kampung masing-masing. Terkait kekurangan APD, Kampung Tangguh Banua akan didukung  oleh Pemkab dan perusahaan di Balangan.

Kapolres Nur Khamid menambahkan, Kampung Tangguh Banua adalah kampung yang memiliki peran besar dalam pencegahan Covid-19. Kampung ini juga wajib mengunakan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. 

"Masyarakat yang datang dari luar harus dilaporkan dan diusahakan dicek kesehatannya," katanya.

Senada, Dandim Ali menyampaikan, Kodim 1001 akan mendukung penuh upaya Pemerintah akan adanya program ini dan mengaperisiasi pembentukan Kampung Tangguh Banua.

"Karena ini merupakan tindakan positif dalam mencegah penyebaran Covid-19. Kepada masyarakat jangan segan atau ragu untuk berkoordinasi dan minta bantuan kepada babinsa yang bertugas di wilayah masing-masing," tegasnya.[agus]
Lebih baru Lebih lama