Satu PDP Dirawat di RSUD, dr Mul: Masyarakat Jangan Takut Berobat

Satu PDP Dirawat di RSUD, dr Mul: Masyarakat Jangan Takut Berobat

PULANG PISAU, MK - Hasil update tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pulang Pisau per 5 April 2020 disebutkan orang berstatus pasien dalam pengawasan atau PDP bertambah 1 orang. Pasien dari Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat, Jubir Gugus Tugas Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo menjelaskan, 1 orang berstatus PDP yang saat ini tengah dirawat di RSUD Pulang Pisau terpisah dari para pasien umum lainnya. 

Artinya PDP ini dirawat di secara khusus di sebuah gedung oleh tim perawat dan dokter yang merawatnya pun tersendiri.

"Jadi, kita harapkan kita (warga Pulpis) tidak perlu khawatir dan takut secar berlebihan untuk berobat ke rumah sakit kita," ujarnya kepada awak media, Selasa (5/5/2020) usai rapat Anev di posko induk Gugus Tugas Covid-19 Pulang Pisau.

Kemudian untuk memastikan masyarakat, para tim medis dan dokter yang merawat 1 PDP itu selalu dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, sehingga melindungi tim medis dari paparan Covid-19.

"Bahkan nantinya ditempatkan petugas khusus untuk jaga dan dibuat papan informasi Covid-19, sehingga masyarakat mengetahui dan tidak masuk ke area perawatan PDP tersebut," katanya.

Menurutnya, Pasien dengan status PDP ini seharusnya dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19, yakni RSUD Dorys Silvanus kota Palangka Raya. Akan tetapi RSUD Dorys Silvanus sudah dipenuhi pasien lainnya, maka untuk sementara ini dirawat di RSUD Pulang Pisau.

"Nantinya juga pasien ini akan kami pindahkan ke tempat perawatan khusus Covid-19, yakni di gedung Kristian Center Pulang Pisau, sebagai pusat perawatan warga terpapar Covid-19," ungkapnya. 

Untuk saat ini, ungkapnya lagi, gedung Kristian Center masih dalam penyiapan sarana dan prasarana, termasuk penyiapan ranjang pasien dan pemasangan pendingin ruangan atau AC.

"Jadi diperkirakan akhir minggu ini sarana prasarana tersebut lengkap dan bisa ditempati untuk isolasi dan perawatan pasien Covid-19," pungkasnya.

Sementara, dari hasil update terbaru Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, disebutkan 1 ODP telah selesai masa pemantauannya, yaitu dari Desa Sebangau Mulya Kecamatan Sebangau Kuala. 

Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) ada penambahan 1 dari Desa Garantung Kecamatan Maliku. Sedangkan selesai OTG ada 2 dari Desa Bawan Kecamatan Banama Tingang. Untuk PDP ada 3 dan positif Covid-19 ada 5, sementara sembuh 1 orang.

Pada hari ini juga Tim Gugus Tugas Covid-19 juga melakukan pemeriksaan terhadap 10 OTG yang berkaitan kasus positif Covid-19 Palangka Raya, dan sudah dilakukan rapid test dan hasilnya negatif.[manan]
Lebih baru Lebih lama