Rapid Test Massal di Kuala Kapuas, 399 Warga Non Reaktif


KUALA KAPUAS, MK - Sebanyak 399 orang warga Kuala Kapuas, Kalteng dinyatakan Non Reaktif Covid-19. Ini berdasarkan hasil rapid test massal yang digelar di kawasan pasar komplek pertokoan Danau Mare, Jalan Ahmad Yani Kuala Kapuas, Rabu (27/5/2020).

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kapuas, Panahatan Sinaga SH menyampaikan, pelaksanaan rapid test massal dilakukan secara acak.

"Pelaksanaan di lapangan 402 yang dilakukan rapid test secara acak berdasarkan masyarakat yang datang," kata Sinaga kepada media.

Warga yang melakukan menjalani rapid test massal gratis itu dari berbagai kalangan dan usia dan dari berbagai tempat di Kota Kapuas dan sekitarnya.

"Termasuk dari pasar, dan ada penduduk yang datang sendirinya dari alamat yang jauh bahkan dari luar Kecamatan Selat," terangnya.

Dijelaskan Kepala BPBD Kapuas ini, dari hasil pemeriksaan rapid test itu bahwa 399 non reaktif dan 3 orang dinyatakan reaktif.

"Langkah selanjutnya 3 orang reaktif ini sekarang kita koordinasi dengan medis sudah ditracking," ujarnya.

Kendati 3 orang dinyatakan reaktif, hasil rapid test belum bisa dikatakan positif terpapar Covid-19, namun akan ditindaklanjuti.

Gugus tugas, kata Sinaga, melakukan antisipasi cepat, begitu hasil diketahui melakukan langkah selanjutnya.

"Akan dikarantinakan. Ini langkahnya yang mau kita ambil dari rapid test," imbuhnya.

Penyebaran virus corona ini, kata dia, patut diwaspadai mengingat saat ini di Kuala Kapuas telah terjadi transmisi lokal.

Kegiatan rapid test ini masih akan berlanjut sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayah itu.

Rapid test massal ini ditinjau langsung Sekda Kalteng Fahrizal Fitri didampingi Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102 Panju Panjung, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.[zulkifli]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar