Plt Langgar Aturan?, Legislator Ini Minta Bupati Evaluasi Baperjakat

Plt Langgar Aturan?, Legislator Ini Minta Bupati Evaluasi Baperjakat

BUNTOK, MK - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah, Raden Sudarto meminta Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri mengevaluasi kinerja Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Ini karena Baperjakat dinilai meletakkan seseorang pada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang tidak sesuai ketentuan atau melanggar Peraturan Menteri Aparatur Negara nomor 13 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisisan Pimpinan Tinggi, baik itu Utama, Pratama, dan Madya.

"Apalagi jabatan Pelaksana Tugas (Plt) yang melanggar ketentuan melebihi dari 6 bulan menjabat di suatu SOPD," terang Raden, Jumat (29/05/2020) malam kepada metrokalimantan.com.

Ketua Komisi I DPRD Barsel ini menilai apapun hasil yang dikeluarkan oleh seorang bupati dalam meletakkan seseorang di suatu jabatan pada SOPD merupakan hasil dari kerja Baperjakat. 

Menurutnya, aabila hasil penilaian Baperjakat tersebut keliru atau bertentangan dengan kaidah aturan yang berlaku, tentunya keputusan bupati yang meletakkan seseorang pada suatu jabatan itu di SOPD juga keliru.

"Karena itu Saya mengatakan berkali-kali agar penempatan pejabat di SOPD harus melalui mekanisme yang benar, dan melaksanakan persyaratan dengan benar pula. Contohnya harus melalui seleksi Diklatpim," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, pada Eselon IV harusnya sudah Diklatpim IV dan seterusnya, minimal mereka sudah lulus seleksi. Akan tetapi di Barsel ini, ketika meletakkan seseorang pada suatu jabatan, sepertinya tidak ada menggunakan persyaratan itu, padahal segala persyaratan itu sifatnya wajib dilaksanakan.

"Karena melaksanakan persyaratan tersebut ada anggarannya. Namun, anggarannya ada, pelaksanaan tidak sesuai dalam peletakan seseorang pada suatu jabatan SOPD tentunya anggaran itu kesannya jadi mubazir," tuturnya. 

Karena itu, sambungnya, hendaknya Baperjakat dievaluasi oleh bupati. Ia memperingatkan juga agar menempatkan setiap pejabat di SOPD adalah orang yang kompeten di bidangnya.

"Apabila perihal itu tidak dilaksanakan, tentunya akan mempengaruhi kinerja dari pemerintah daerah itu sendiri," beber Raden.

Ia mengharapkan Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri untuk segera melakukan evaluasi kinerja dari Baperjakat, demi kemajuan pembangunan Barsel yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

"Kalau ternyata kinerjanya Baperjakat itu dinilai kurang baik, tentunya bupati sebaiknya mengganti semua tim Baperjakat," tegas pria yang akrab disapa Haji Alex ini.[deni]

Lebih baru Lebih lama