Kasus Positif Covid-19 di Kapuas Melonjak? Ini Penjelasan Gugus Tugas

KUALA KAPUAS, MK - Positif Covid-19 di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengalami lonjakan yang cukup tajam. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kapuas, pada Kamis 21 Mei terdapat penambahan 9 kasus.

Kemudian pada Jumat, 22 Mei bertambah lagi 25 kasus. Total positif terinfeksi SARS-CoV-2 menjadi 56 orang, sembuh 9 jiwa dan  meninggal 9 orang.

Saat ini Kapuas berada pada peringkat kedua terbanyak positif Covid-19, dari 14 Kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kapuas, Panahatan Sinaga SH membeberkan terjadi lonjakan kasus yang tinggi. Ini diperparah diiringi tingkat kematian yang cukup tinggi, sementara tingkat sembuh sangat rendah.

"Hal ini menandakan beberapa kemungkinan, antaranya 
masyarakat tidak mematuhi anjuran pemerintah, masyarakat yang datang ke rumah sakit atau puskesmas sudah dalam keadaan parah," ungkapnya.

Faktor lain, kata dia, bisa juga dikarenakan kemungkinan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan yang tidak siap, kemungkinan lain bahwa lonjakan kasus terjadi karena pemeriksaan swab yang lambat.

"Distribusi kasus terkonfirmasi positif yang tinggi terjadi dua kali lonjakan yang cukup tajam pada dua periode, hal ini menandakan adanya transmisi yang cepat dan luas," katanya.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kapuas ini, hal ini penting diketahui masyarakat, sehingga perlu diketahui pada lingkungan masyarakat.

Untuk itu perlu adanya tindakan dari pemerintah yang terus menerus untuk menurunkan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan.

Dalam kondisi tersebut penerapan physical distancing menjadi hal yang sangat penting, menjaga jarak aman dan menghindari kerumunan hingga kontak fisik.

"Serta mengurangi kontak antar orang di masyarakat dan menyiapkan bantuan kepada fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan," tukasnya.[zulkifli]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar