Imbas Corona, Pasar Dadakan di Kapuas Ini bakal Ditutup Sementara

Imbas Corona, Pasar Dadakan di Kapuas Ini bakal Ditutup Sementara

KUALA KAPUAS, MK - Salah satu aktivitas masyarakat dalam keramaian di antaranya ada di pasar dadakan. Di Kapuas sendiri ada Pasar Sabtu yang biasa buka satu kali dalam seminggu.

Pasar yang beroperasi setiap hari Sabtu di sekitaran Jalan Tjilik Riwut, Kelurahan Selat Hulu, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas ini kabarnya akan diberlakukan pembatasan.

Hal ini sebagaimana edaran pemberitahuan dari Pemerintah Daerah melalui Kelurahan Selat Tengah. Dalam pemberitahuan bernomor 112/SKH/V/2020  tertanggal 27 Mei 2020 itu disebutkan Pasar Sabtu di Kelurahan Selat Hulu ditutup untuk sementara waktu, mulai 6 sampai 20 Juni 2020.

Lurah Selat Hulu, Jainal Arifin, S.Sos kepada metrokalimantan.com membenarkan adanya hal tersebut.

"Iya benar. Minggu depan tanggal 6 Juni mulainya, minggu ini belum. Masih kami sosialisasikan atau edarkan terlebih dahulu," kata Jainal melalui sambungan selular, Kamis (28/5/2020).

Penutupan sementara itu, jelas dia, sehubungan imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Selain itu, juga atas permintaan masyarakat.

"Benar surat tersebut. Itu juga tuntutan dari masyarakat bahwa  RT 09, 10 dan 11 di lingkungan Pasar Sabtu kalau bisa dibatasi dulu untuk mencegah Covid-19," kata Lurah Selat Hulu.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya tengah melakukan sosialisasi agar dapat diketahui masyarakat luas.

"Supaya ada persetujuan dengan para pedagang-pedagang. Nanti hari Sabtu kami edarkan juga kepada para pedagang dari luar Kapuas," jelasnya.

Sebagaimana diketahui keberadaan pasar mingguan Pasar Sabtu tersebut pada saat buka aktivitas warga cukup ramai, pengunjung pasar datang datang dari berbagai penjuru sekitar Kota Kuala Kapuas.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama