Puskesmas Bangkuang Buka Layanan Tanggap Siaga Covid-19

Puskesmas Bangkuang Buka Layanan Tanggap Siaga Covid-19

BUNTOK, MK - Pemerintah Kecamatan Karau Kuala, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah melalui UPTD Puskesmas Bangkuang telah membuka layanan tanggap siaga untuk penanganan Covid-19 atau yang akrab di kalangan masyarakat dengan virus Corona.
"Jadi kalau ada masyarakat yang memiliki gejala seperti demam, batuk ataupun kesulitan bernapas segera melapor biar segera kita antisipasi dini," terang Kepala Pusmesmas Bangkuang, H Muhammad Iqbal Amd Kep, Jumat (3/4/2020).
Dilanjutkannya, sebelumnya pihaknya sudah melakukan penyemprotan disinfektan bersmaa Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Polsek, Tagana dan organisasi lainnya pada tempat-tempat umum, perkantoran, Pasar, Masjid, Musala/Langgar, Gereja dan lainnya yang berpotensi akan terjadinya perkembangan Covid-19.
Selain penyemprotan disenfektan dilakukan, pihaknya dalam merespon tentang Tanggap Darurat Covid-19 juga menyediakan hand sanitizer di area puskesmas yang dipimpinnya.
"Semua yang kita lakukan ini, salah satu langkah antisipasi penyebaran wabah Covid-19. Semoga wabah ini cepat berlalu dan semua pasien yang terkena wabah virus ini cepat sembuh dan sehat kembali," tandasnya.
Lebih lanjut, kalau ada masyarakat yang baru datang dari daerah transmisi lokal ataupun daerah yang sudah terdampak Covid-19 dengan adanya keluhan batuk, pilek dan demam, serta pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 agar bisa melakukan screning atau pemeriksaan di Puskesmas guna mempercepat pembatasan penyebaran yang lebih meluas. 
"Saya berharap kesadaran masyarakat yang merasa baru datang dari transmisi lokal atau zona merah agar proaktif untuk memeriksakan dirinya ke Puskesmas," imbuhnya.
Ia juga berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak terlalu panik dan harus waspada dalam menghadapi masalah ini, yang terpenting selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, makan makanan yang bergizi, seperti buah, sayur dan lauk pauk. 
"Hindari dan kurangi berkumpul, mengatur jarak, berolahraga, berjemur, dan selalu melakukan cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer," tukasnya.
"Selama masyarakat menjalankan atau mengindahkan semua imbauan dari pemerintah, Insya Allah kita semua terbebas dari virus Covid-19. Peran serta masyarakat, RT/RW lebih utama untuk menyarankan kepada keluarga atau tetangganya yang baru datang dari tempat zona merah agar bisa di lakukan screning ke Puskesmas," timpalnya.
Untuk diketahui masyarakat agar bisa menghubungi hotline Tanggap Siaga Puskesmas Bangkuang di nomor 085248508065 dan 085248830758.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama