Efek Corona, Baznas Salurkan Zakat untuk Kaum Dhuafa

PULANG PISAU, MK - Virus Corona atau Covid-19 yang tengah mewabah di sebagian wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, menjadi perhatian seluruh pihak.
Apalagi saat ini Pulang Pisau yang sebelumnya berstatus zona hijau menjadi zona kuning. 
Status tersebut tentunya akibat terdeteksi adanya salah seorang warga Kecamatan Banama Tingang yang terpapar Covid-19, dan sudah masuk salam pasien dalam pemantauan atau PDP.
Melihat kondisi tersebut, tentunya membuat pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pulang Pisau ikut berpartisipasi menyalurkan dana zakat para ASN kepada kaum dhuafa di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Senin (6/4/2020).
"Ini tidak lain membantu warga kita, khususnya kamu dhuafa dalam segi membantu perekonomian mereka. Karena kita ketahui bersama dampak Covid-19 ini melumpuhkan berbagai aktivitas dan perekonomian kita," ucap Ketua Baznas Pulang Pisau, Drs H Khairil Anwar kepada wartawan media ini.
Diterangkannya, dalam pembagian zakat oleh Baznas Pulang Pisau ini, sedikitnya ada 170 paket sembako. Dimana, ungkapnya, terdiri dari beras, minyak goreng, ikan kaleng, dan mie instan itu akan diserahkan kepada masyarakat fakir miskin sejak Senin 6 April 2020. 
Mekanisme penyerahannya pun, lanjut Khairil, dilakukan secara bergiliran dengan mengambil tempat berbeda untuk memudahkan masyarakat mengambil paket dan untuk menghindari kerumunan sesuai imbauan pemerintah yakni social distancing atau menjaga jarak.
"Ini kita bagikan selama 3 hari di tempat berbeda, yaitu mulai Senin 6 April 2020 ini di Masjid Nurul Iman pasar dan Musholla Darul Aman pasar Kamis, kemudian hari Rabu 8 April 2020 di Masjid Al Fajar Anjir Pulang Pisau dan desa Mantaren, setelah itu hari Kamis 9 April 2020, di Masjid Al Muhajirin UPT Anjir Pulang Pisau dan Masjid di desa Gohong," terangnya.
Dengan adanya bantuan ini, Khairil berharap dapat meringankan beban masyarakat yang memerlukan di saat kondisi krisis akibat penyebaran wabah Covid-19 ini, khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir. 
"Ini merupakan kali kedua dilakukan Baznas Pulpis dalam penyaluran zakat yang diserahkan melalui rekening Baznas dari akumulasi zakat para ASN di lingkup Pemkab Pulang Pisau," ungkapnya lagi.
Kemudian, tambahnya lagi, kegiatan penyaluran zakat ini akan terus dilakukan secara periodik sambil menunggu terkumpulnya zakat dari ASN maupun para muzakki diluar ASN. 
Pihaknya bersama pimpinan Basnaz Pulang Pisau lainnya, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pulang Pisau yang selama ini memberikan dukungan kepada lembaga Baznas Pulang Pisau dalam rangka melaksanakan tugasnya.
"Saat ini, sumber zakat memang masih berkisar dilingkungan ASN, tetapi kita berharap para para dermawan lainnya dapat menyerahkan zakat hartanya melalui Baznas  Pulang Pisau untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," tukasnya.
Sementara, kegiatan penyaluran ini melibatkan pimpinan Baznas Pulang Pisau lainnya, yaitu H Ahmad Hernadi, H Suhari, Bokhari Almawan, Irami Narsih dan 2 orang pelaksana yaitu Asrianoor dan Alawiyah.[manan]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar