Wujudkan Masyarakat Sehat Perlu Partisipasi Semua Pihak

BUNTOK, MK - Partisipasi aktif semua pihak dalam mewujudkan ketersediaan sumber daya tenaga profesional kesehatan, tentu sangat diperlukan.
Menurut Anggota DPRD Barito Barsel (Barsel), Hermanes, Kamis (26/3/2020), peran semua pihak sangat dibutuhkan untuk menuju masyarakat yang sehat. Peran ini juga semata-mata untuk mewujudkan sistem pelayanan yang baik dan menyeluruh.
"Tentunya akan terwujud pula pelaksanaan penyelesaian setiap aspek permasalahan di bidang kesehatan, sesuai dengan kondisi sosial budaya serta kondisi geografis daerah setempat dalam pelayanan," ujar Hermanes kepada metrokalimantan.com.
Ia juga menyampaikan, secara otomatis kemandirian masyarakat untuk hidup sehat terjamin, karena adanya ketersediaan peran semua pihak itu.
Hermanes mengatakan, selain ketersediaan tenaga profesional kesehatan sebagai pelaksana tugas, diperlukan juga sarana dan prasarana penunjang seperti infrastruktur kesehatan yang memadai.
"Mencontohkan diperlukannya fasilitas kesehatan yang memadai seperti Puskesmas Tunggu (Pustu) di tingkat desa, Puskesmas di kecamatan, dan fasilitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)," jelasnya.
Semua ini dilakukan, lanjutnya, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan di tingkat desa hingga kabupaten.
Untuk mewujudkan semua ini tentunya diperlukan peran semua pihak untuk mewujudkan pencapaian visi dan misi daerah.
"Khususnya seluruh komponen terkait untuk saling bekerja sama serta bersinergi untuk mencapainya," tutupnya.[deni]
loading...
TAG