Pelestarian Budaya jadi Upaya Penguatan Identitas Bangsa

BUNTOK, MK - Pelestarian warisan budaya Nusantara penting dilakukan pemerintah, termasuk Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Ini mengingat pelestarian budaya merupakan salah satu upaya penguatan identitas bangsa. 
“Pelestarian warisan budaya Nusantara menjadi salah satu upaya penguatan identitas bangsa,” tutur Anggota Dewan Perwakilan Rakya Daerah (DPRD) Barsel, Ensilawatika Wijaya, Senin (23/3/2020).
Menurutnya, pelestarian ini tak lain agar tradisi dan adat budaya tetap terjaga, begitu juga dengan budaya Barsel sebagai bagian di antara ribuan kebudayaan Nusantara.
Ia mengkukapkan, salah satu ujung tombak pelestarian budaya Nusantara, khususnya di Barsel adalah pemberdayaan nilai-nilai budaya agar bisa berperan aktif dalam menjaga adat.  
Di masa lalu, lanjutnya, adat budaya memiliki peran sangat sentral dalam bidang politik dan kekuasaan. Berbeda dengan sekarang, adat sama sekali tidak memiliki peran kekuasaan dan hanya diposisikan sebagai benteng budaya.
"Seni dan budaya daerah ini tidak boleh terancam punah serta ditelan oleh zaman, seiring berkembangnya kemajuan di tengah globalisasi saat ini,"pungkasnya.[deni]
loading...
TAG