KUR, Solusi Kurangi Peran Tengkulak di Lingkungan Nelayan

KUR, Solusi Kurangi Peran Tengkulak di Lingkungan Nelayan

BANJARMASIN, MK - Kehidupan para nelayan, terkhusus di wilayah pesisir tampak sungguh mengkhawatirkan. Dari segi perekonomian sangat minim, peralatan tangkap pun masih tradisional. 
Karena itu, hadirnya Kredit Usaha Rakyat (KUR) diharapkan bisa mengangkat taraf nelayan. Ini juga mampu mengurangi kehadiran tengkulak yang telah mewabah di kalangan para nelayan. 
"Mereka sangat bergantung kepada tengkulak. Dengan adanya KUR paling tidak mengurangi peran tengkulak," terang Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel, Muhammad Fadhli, Selasa (3/3/2020).
Menurutnya, memang saat ini kehadiran tengkulak berpengaruh besar terhadap nelayan. Termasuk mengatur timbangan ikan hasil tangkapan nelayan dan juga pemasarannya.
Fadhli juga menambahkan, pihaknya telah melakukan program untuk membantu permodalan para neyalan.
"Upaya kami dari Dinas Kelautan dan Perikanan membantu dari segi permodalan dengan cara ada program Sertifikat Hak Atas Tanah (Sehat) Nelayan," jelasnya.
Para nelayan dianjurkan untuk membuat sertifikat tanah ini. Karena sertifikat ini merupakan jaminan dalam permodalan untuk para nelayan.[fuad]
Lebih baru Lebih lama