Disinfektan, Ibnu: Partisipasi Masyarakat Diperlukan

BANJARMASIN, MK - Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Jami Sungai Jingah dan sekitarnya, Kamis (26/3/2020).
Ini dilakukan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin bersama Komando Distrik Militer (Kodim), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Tim Satuan Gugus Tugas.
"Semoga sudah tersosialisasikan kepada masyarakat dan jemaah masjid, sehingga sudah paham dan dapat memberikan dukungan juga," tutur Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina.
Penyemprotan ini akan diagendakan ke semua tempat publik, seperti tempat peribadatan hingga pasar untuk menjamin rasa aman masyarakat. 
"Kami berharap masyarakat jangan menunggu pemerintah turun dulu, tapi partisipasi secara swadaya juga kami mintakan, sehingga seluruh penjuru Kota Banjarmasin dapat terdisinfektan dengan baik dan menghambat penyebaran virus corona," imbuhnya.
Ibnu berharap upaya kolaborasi ini dapat dilakukan berkelanjutan. Ini adalah hari ketiga sesuai arahan Presiden dan Gubernur. Tentu partisipasi masyarakat juga diperlukan, dan semua pihak harus bahu membahu. 
Ibnu mengingatkan kembali untuk jaga kesehatan dan jaga perilaku hidup bersih, cuci tangan, social distancing dan physical distancing sesuai dengan surat edaran.
"Pesan saya tetap jaga kesehatan, jaga jarak kemudian jaga kekompakan dalam melaksanakan tugas," pintanya.
Tentu, lanjutnya, diharapkan Covid-19 ini dapat segera berlalu. Semoga di kota Banjarmasin dan Kalimantan Selatan tidak lagi bertambah. Kegiatan seperti ini adalah wujud bersatunya kita semua dalam melawan virus Corona ini. 
"Insya Allah kita bisa, Banjarmasin bisa," tegasnya menyemangati.
Dandim 1007, Kolonel Inf Anggara Sitompul menambahkan, terkait kolaborasi yang dijalin dalam penyemprotan disenfektan ini.
"Memang sengaja semacam kolaborasi dan kami sadari bahwa penyemprotan oleh berbagai elemen secara mandiri sudah banyak dilakukan. Nah ini perlu ditingkatkan," ujarnya.
Senada dengan Ibnu, Kolonel Anggara juga mengharapkan partisipasi masyarakat.
"Kami berharap masyarakat juga harus berpartisipasi, kalau habis bahannya koordinasi dengan gugus tugas, masyarakat bisa ke kelurahan, kelurahan bisa koordinasikan dengan gugus tugas yang ada di Pemko," tutupnya lugas.[wahyu]

loading...
TAG